Ultimate magazine theme for WordPress.

Lima Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Gugur

Jpeg
Ketua KPU Sumsel Aspahani didampingi para komisioner memberikan keterangan pers.

Palembang, BP 

Sebanyak lima orang bakal calon bupati-wakil bupati tidak lolos dalam tes kesehatan lanjutan yang digelar oleh KPU dan IDI Sumsel. Lima balon tersebut dapat digantikan sebelum waktu penetapan calon. Jika tidak digantikan, kemungkinan Pilkada akan diundur hingga 2017. Hal itu terungkap dalam jumpa pers yang digelar oleh KPU Provinsi Sumsel, hari ini di Kantor KPU.

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengungkapkan, dari 11 balon yang dites kesehatan ulang oleh IDI Sumsel, sebanyak lima orang balon tidak lolos tes kesehatan. Yakni, dua orang dari Musirawas, satu orang dari Muratara, satu orang dari OKU Timur, dan satu balon dari PALI.

Baca Juga:  Diduga Terpapar Kabut Asap, Bayi Berusia 4 Bulan Meninggal Dunia 

“Jadi totalnya lima orang bakal calon tidak lolos. Itu hasil dari IDI bersifat final PKPU 9 nomor 6. Hanya KPU Kabupatenlah yang mengetahui,” tegas Aspahani.

Menurut Aspahani, sesuai dengan PKPU No 9 tahun 2015 maka dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut jika tidak memenuhi atau berhalangan dapat dilakukan penggantian calon atau pasangan calon. Masa penggantian calon dilakukan 4-7 Agustus. Dan Parpol atau balon perseorangan berhak menggantinya.

“Kalau parpol jelas hanya disetujui pimpinan parpol. Nah kalau yang perseorangan, apakah disetujui oleh ribuan orang. Silahkan diskusikan lebih lanjut. Kami akan tanyakan ke KPU RI mana yang baku. Masak 10 ribu pendukung langsung diganti. Itulah susahnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Mayat Tanpa Identitas  Ditemukan di Sungai Musi 

Jika tidak dilakukan pergantian, maka kemungkinan pasangan tersebut akan gugur dan tidak ditetapkan. Khusus Musirawas, sebanyak dua orang balon yang tidak lolos harus segera digantikan. Sebab, jika tidak digantikan maka kemungkinan akan diundur waktu pelaksanan pilakda.

“Kalau tidak ya Pilkada Mundur hingga tahun 2017,” kata dia.

Meski lima orang tersebut tidak disebutkan nama-namanya oleh KPU, namun dari informasi yang didapat dilapangan, sebanyak tiga orang nama balon dipastikan tidak lolos tes kesehatan. Yakni, dari Musirawas terdapat Ngadi, SIp, dan Soni Rahmat Widodo. Sedangkan di Muratara terdapat M Isa Sigit. Sementara dua balon lainnya belum diketahui namanya. Hal itu terungkap saat dua orang balon mendatangi KPU Sumsel siang kemarin.

Baca Juga:  Deklarasi Relawan Ganjar di Sumsel  Massive, Bakal Tingkatkan Elaktabilitas Ganjar

Salah satu bakal calon Wakil bupati Musi Rawas, Ngadi, SIp mendatangi KPU Sumsel untuk memediasi agar IDI  transparan atas gugur dirinya pada tes kesehatan. #jon

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...