Danau JSC Layak Gelar Kano Asia

11

TINJAU - Tim delegasi International Canoe Federation (ICF) asal Iran saat meninjau Danau Jakabaring Sport City (JSC), Kamis (30/7).
TINJAU – Tim delegasi International Canoe Federation (ICF) asal Iran saat meninjau Danau Jakabaring Sport City (JSC), Kamis (30/7).

Palembang, BP

Dua utusan International Canoe Federation (ICF) meninjau Danau Jakabaring Sport City (JSC). Keduanya adalah Ahmad Donya Hasan, Exco Asian Canoe Federation, dan Theimourthas selaku penerjemah.

Kedua delegasi ICF tersebut meninjau Danau JSC dalam rangka memastikan kesiapan tuan rumah untuk menghadapi Kejuaraan Canoe Asia, 1-8 November nanti. Dua pria asal Iran itu tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kamis (30/7). Setelah melakukan presentasi di ruang rapat VIP bandara, mereka langsung meninjau venue.

Baca:  PKL Diberi Kesempatan Berjualan Lagi di JSC

“Saya kira Danau Jakabaring is the best. Sangat layak untuk menyelenggarakan Kejuaraan Kano tingkat Asia, bahkan dunia,” ucap Ahmad Donya Hasan.

Namun begitu, kata dia, masih ada beberapa catatan. Misalnya menara finis masih kurang maksimal. Kemudian perlu tambahan fasilitas pendukung paracanoe untuk atlet difabel dan perahu, serta dermaga yang belum selesai dibuat. “Pegangan di kamar mandi dermaga belum selesai. Begitupun akses menuju venue,” tukasnya.

Baca:  Menguat Lewat Ridho Orang Tua

Menurut dia, selain Kejuaraan Kano Asia, di saat bersamaan juga akan digelar Kejuaraan Paracanoe Asia. “Even Paracanoe Asia adalah yang pertama digelar. Jadi akan tercatat dalam sejarah karena ini adalah kejuaraan bagi penyandang cacat. Setelah melihat danau, kejuaraan tersebut sangat cocok dilaksanakan di Palembang,” terang dia.

Kejuaraan Kano Asia sendiri akan diikuti 30 negara. Even ini menjadi ajang Kualifikasi Olimpide Brasil 2016. Dipastikan atlet elite Asia akan ikut ambil bagian.

Baca:  Ajang Promosi, JSC Dijadikan Sport Tourism

“Kita bangga karena ini merupakan satu-satunya kualifikasi Olimpiade yang dilaksanakan di Indonesia,” ujar Wakil Ketua II KONI Sumsel Musni Wijaya.

Selain Kejuaraan Kano Asia dan Paracanoe, juga dilaksanakan Kongres Federasi Kano Asia. Setelah itu juga akan dihelat Kejuaraan Nasional Dayung, 13-18 November. O sug