Komplek Perkantoran Terpadu OI Terintegrasi Secara ‘Online’

14

bupati oi h mawardi yahya1

Inderalaya, BP

Bupati Ogan Ilir H Mawardi Yahya, yang juga tokoh pemekaran Kabupaten Ogan Ilir, merencanakan komplek perkantoran terpadu di Tanjung Senai terintegrasi dengan sistem online.

Adanya sistem online ini diharapkan akan meningkatkan transparansi serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi di Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Seperti diketahui Kabupaten Ogan Ilir memiliki komplek perkantoran yang berada di atas lahan seluas 30 hektar.

Komplek perkantoran terpadu dikonsep memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Dua belas kantor diperuntukkan bagi SKPD, sedangkan di depannya empat kantor yang diperuntukkan Ruang Bupati, Wabup, Sekda, dan Asisten II dan III, juga terdapat Ruang Rapat Bupati dan Sekda.

“Landasan pembangunan KPT ini yakni lebih mengutamakan kepentingan rakyat. Dipilihnya tempat ini karena lokasinya yang strategis, sangat mudah dijangkau dari 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir,“ kata Mawardi Yahya.

Dikatakannya, dalam Komplek Perkantoran Terpadu ini ke depannya akan dibangun sistem teknologi informasi yang memungkinkan data dapat diakses secara online yang terintegrasi dari Pemkab Ogan Ilir ke Pemerintah Provinsi Sumsel. “Bahkan nantinya dapat terhubung ke pemerintah pusat. Ini menjadi tugas kita bersama untuk memajukan Kabupaten Ogan Ilir,” tuturnya.

Dicontohkan, sistem teknologi informasi yang memungkinkan data pasien setiap pusat kesehatan masyarakat (PKM) atau puskemas yang ada di daerah bisa terakses secara online dengan data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
“Juga sistem penggunaan dana desa dan terhubung langsung dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD),” tuturnya.

Meski usia Kabupaten Ogan Ilir terbilang masih muda, keberhasilan yang sekarang diraih merupakan modal tetad dan semangat sehingga Kabupaten Ogan Ilir mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya. “2015 Kabupaten Ogan Ilir harus menjadi kabupaten terbaik, Ogan Ilir sudah sejajar dengan kabupaten loainnya,” tutup Mawardi. #hen