Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Soal PPDB Dibuat Sekolah

Palembang, BP

Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, akan dilaksanakan 22 Juni mendatang. Saat ini, sekolah sudah mempersiapkan soal untuk pelaksanaan tes yang dibuat oleh masing-masing sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraha (Disdikpora) Kota Palembang, Drs Lukman Haris, MSi, mengatakan, ada lima mata pelajaran (mapel) yang diujikan saat tes PPDB SMA. Seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

“Soal dibuat sekolah masing-masing, dengan tingkat kesulitan yang sudah disesuaikan,” kata Lukman Haris, Kamis (18/6).

Menurutnya, dengan teknis tersebut calon siswa yang ingin memilih sekolah negeri dapat terjaring dengan baik. Persaingan untuk masuk sekolah negeri ini sangat ketat karena jumlah calon siswa yang ingin masuk sekolah negeri sangat banyak.

“Dengan soal yang sulit, indeks persaingan akan ketat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, dengan metode pendaftaran PPDB online tersebut dapat terpantau dengan baik, sekolah tidak bisa mengambil keputusan sepihak. Pasalnya, semua orangtua bisa melihat hasil tes anaknya di website.

“Pola penilaian PPDB ini yaitu 20 persen nilai rapor, 20 persen nilai UN, dan 60 persen hasil tes. Semua masyarakat berhak untuk mengawasi jalannya PPDB ini,” bebernya.

Ia juga menambahkan, untuk sistem pengawasan pun diterapkan dengan cara pengawasan silang.

“Jadi kami berharap dengan sistem ini tidak akan terjadi kecurangan, sehingga kejujuran pun akan timbul sejak dini,” pungkasnya.

#adk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...