Tiga Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

9

BP/RIO ADI PRATAMA  LUDES TERBAKAR-Suasana rumah setelah ludes terbakar dilalap si jago merah, Selasa (16/6).
BP/RIO ADI PRATAMA
LUDES TERBAKAR-Suasana rumah setelah ludes terbakar dilalap si jago merah, Selasa (16/6).

Tiga unit rumah ludes terbakar setelah dilalap si jago merah yang diduga api berasal dari petasan, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Lorong Pasudan, RT 03 RW 05, Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, Selasa (16/6), sekitar pukul 08.30.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, awal kebakaran tersebut api berasal dari rumah Nurpala (40). Setelah api berkobar dan membesar dengan cepat menyambar ke rumah yang berada di lokasi kebakaran, karena rumah di sana terbuat dari kayu.

Namun, dari kejadian tersebut untungnya tidak menimbulkan korban jiwa. Bahkan, api yang sudah berkobar berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30 setelah sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kota Palembang diturunkan ke lokasi kejadian tersebut.

Baca:  Lupa Mematikan Kompor, Rumah Panggung Ludes Terbakar  

Menurut keterangan Sapri (40), persisnya tidak mengetahui api berasal dari mana, namun kemungkinan api tersebut berasal dari petasan rumah Nurpala, karena di kediaman Nurpala ada anak kecil yang sering main korek api untuk menghidupkan petasan di dalam rumah.

“Tapi tadi di rumah Bu Nur tidak ada orang juga. Apalagi rumah di sini semuanya rumah kayu sehingga api cepat menyambar. Barang-barang di dalam rumah juga tidak ada yang diselamatkan satu pun, ludes terbakar semua,” katanya, saat ditemui di lokasi kejadian.

Baca:  Dua Rumah di Kawasan SU II Hangus Terbakar

Sementara itu, anak Nurpala, Desiani (24) mengatakan, api memang berasal dari rumah kediaman orang tuanya. Namun, ia juga tidak mengetahui api itu berasal dari petasan ataupun korsleting listrik, karena saat kejadia ia bersama suami dan anaknya sedang pergi ke belakang.

“Saat ke ruang tamu sudah terlihat api besar, jadi spontan langsung beteriak kebakaran. Setelah saya berteriak ada api semua warga langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan mencoba memadamkan api,” jelasnya.

Baca:  Korsleting Listrik, Rumah Terbakar

Terpisah, Kapolsek IT II Palembang Kompol Afria Jaya menjelaskan, kebakaran tersebut mengakibatkan sedikitnya tiga rumah ludes, hanya saja hingga saat ini belum diketahui persisnya api berasal dari mana.

“Saat ini petugas masih menyelidiki api berasal dari mana, kami belum tahu apakah korsleting listrik atau petasan dari rumah Nurpala,” singkat Jaya.

#rio