Tarif Parkir Tak Sesuai Perda

11

Palembang, BP

Retribusi parkir di tepi jalan umum disebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang telah melebihi target sebesar Rp3,3 miliar hingga kuartal pertama tahun ini, dari target selama satu tahun Rp7,2 miliar. Padahal kenyataannya, di lapangan banyak terjadi pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) terutama tarif parkir sepeda motor yang ditarik juruparkir (jukir).

Bukan rahasia umum lagi jika jukir meminta uang parkir Rp2.000 hingga Rp3.000, bahkan Rp5.000 saat ada kegiatan Palembang Expo di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB). Padahal, tarif parkir sepeda motor yang ditetapkan Dishub Rp1.000. Namun, tidak ada tindakan tegas pemerintah.

“Itu pelanggaran, tarif sepeda motor di pinggir jalan yang bukan dikelola swasta itu Rp1.000 dan mobil Rp2.000 kalau minta lebih laporkan kepada petugas kami, karena setoran jukir ini yang masuk hanya Rp1.000,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Masripin Toyib, Selasa (9/6).

Masripin mengisyaratkan pihaknya sangat kesulitan untuk membuat jukir jujur dalam setoran retribusi. Dari situlah, sudah bisa dipastikan, pemerintah dalam hal ini mengalami banyak kebocoran dalam setoran parkir di Kota Palembang, terutama untuk parkir yang dikelola nonswasta. #ren