Besok Pengumuman Hasil UN SMP

5

Palembang, BP

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs beberapa waktu lalu akan segera diketahui hasilnya hari ini, Rabu (10/6). Jika pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dimumkan sekolah yang memiliki integritas kejujurannya, maka untuk SMP kali ini pun demikian meskipun belum diketahui kapan persisnya. Sementara itu, kelulusan serta ranking siswa mulai dari tertinggi hingga ke rendah juga diumumkan.

Ketua Panitia UN 2015 Bonny Sefrian mengatakan, untuk proses pengumumannya sendiri langsung diserahkan ke pihak sekolah. Jadi sekolah yang menentukan apakah dengan cara diumumkan di mading sekolah masing-masing. Kedua, kelulusan bisa diumumkan melalui surat tertutup atau bisa juga melalui web sekolah yang bersangkutan.

Ia berharap hasil kelulusan tahun ini menjadi yang terbaik. Pasalnya, hasil UN bukan lagi menjadi penentu satu-satunya kelulusan siswa. Ini sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anis Baswedan yang mulai diberlakukan tahun ini.

“Tentu kami berharap yang terbaik, kelulusan bisa mencapai 100 persen. Dan pastinya mengedepankan kejujuran,” kata Bonny Sefrian, Selasa (9/6).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabit) SMP, SMA/SMK Disdikpora Kota Palembang Lukman Haris mengatakan, berdasarkan surat keputusan Nomor 421.3/1189/26.8/PN/2015 yang ditujukan kepada kepala sekolah, jika sekolah harus memberikan pengumuman tertutup guna menciptakan suasana kondusif.

“Sekolah harus melarang siswa melakukan perbuatan berlebihan, seperti konvoi liar dan coret seragam. Apabila masih terjadi, kami minta sekolah harus panggil siswa dan orangtua lalu ijazahnya ditunda untuk dibagikan,” ujarnya.

#adk