SMKN 5 Buka Prodi Pertelevisian dan ‘Broadcasting’

19

Palembang, BP

Untuk mewujudkan sekolah unggulan perlu adanya inovasi, kerja keras, disiplin, memiliki jiwa seni yang tinggi dan mahir berbahasa Inggris. Kriteria itu dimiliki Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang, yang terletak di jalan Demang Lebar Daun No 4811, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Sekolah ini memiliki lima program studi (prodi) kejuruan seperti jurusan multimedia, akuntansi, animasi, administrasi perkantoran dan pemasaran.

Kepala Sekolah SMKN 5 Palembang Zulkifri mengatakan, pada tahun diklat 2015/2016 nanti akan membuka prodi baru jurusan pertelevisian dan broadcasting dengan kuota yang disediakan sebanyak 120 siswa/siswi dengan tiga rombongan belajar (rombel). Untuk kesiapan prodi baru ini mereka telah mempunyai ruangan sinema dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung. Sementara untuk pembelajarannya menggunakan sistem pembelajaran pendukung pelatihan terpadu, mulai dari teori maupun praktik di lapangan.

“Dengan dibukanya prodi baru ini merupakan satu-satunya yang ada di Palembang. Untuk tenaga pengajar sendiri SMK N 5 sudah menjalin kerja sama dengan pihak komunikasi dan informasi (kominfo), stasiun TVRI Palembang dan lembaga perfilman,” kata Zulkifri kepada BeritaPagi, Selasa (2/6).

Ia juga menjelaskan, latarbelakang membuka prodi pertelevisian dan broadcasting tak lain melihat berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dan maraknya media massa cetak dan elektronik. Serta munculnya radio swasta, televisi swasta, dan bangkitnya kembali perfilman Indonesia, baik yang bersifat komunitas, lokal maupun nasional.

“Makanya kebutuhan akan tenaga profesional menengah di bidang teknik broadcasting khususnya pertelevisian semakin meningkat. Kami ingin menciptakan salah satunya itu dari SMKN 5 Palembang,” ujarnya.

Zulfikri menjelaskan, banyaknya stasiun televisi, serta banyaknya production house yang memproduksi berbagai macam program televisi dan film, memberikan peluang yang sangat besar untuk terserapnya siswa lulusan kompetensi keahlian teknik produksi dan penyiaran program pertelevisian.

#adk