Home / Bisnis / Masyarakat Jual Emas Jelang TAB

Masyarakat Jual Emas Jelang TAB

Palembang, BP

Masyarakat Palembang ramai-ramai menjual emas karena membutuhkan dana segar mendekati tahun ajaran baru (TAB). Cece Tini, pedagang emas Toko Raja Sakti di Pasar 16 Ilir mengakui, mesakui tahun ajaran baru, masyarakat mulai banyak menjual emas, baik itu dalam bentuk satu suku maupun graman.

”Tapi karena ekonomi sedang lesu pengaruh harga karet dan sawit yang sedang turun, masyarakat yang menjual emas tidak terlalu banyak, karena konsumen 60 persen dari daerah. Per hari hanya sekitar 3 suku emas dibandingkan dengan sebelumnya, bisa mencapai 6 suku,” katanya, Rabu (27/5).

Harga emas saat ini berkisar Rp2,950 juta hingga Rp3 juta. Harga saat ini belum mengalami kenaikan, namun berdasarkan pengalaman sebelumnya, menjelang puasa dan Lebaran, harga emas akan kembali naik.

Hal senada dikatakan Rudi, penjual emas Toko Sejantine. Ia mengatakan, harga emas di tokonya Rp3 juta per suku. Menurutnya, dibandingkan dengan pembeli, penjual saat ini memang mendominasi.

“Memasuki tahun ajaran baru ini memang masyarakat lebih banyak menjual emas, namun jumlahnya memang tidak signifikan seperti sebelumnya. Hanya meningkat 10 persen dari sebelumnya. Memang tidak begitu banyak,” katanya singkat.#pit