Jalur Ganda KA Selesai Akhir Tahun

18

Palembang, BP

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Sumatera Selatan (Sumsel) tengah membangun rel ganda kereta api (KA) dari Stasiun Prabumulih hingga Tanjung Enim, sebagai upaya peningkatan kapasitas angkutan. Proyek ini segera selesai dan dapat digunakan pada akhir tahun ini.

Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel Jaka Jarkasi mengatakan, pembangunan rel ganda sejak 2009, sudah 80 persen. Jalur dari Prabumulih – Tanjung Enim, 67 kilometer (km).

Baca:  Target Transaksi Gadai Rp95 M

“Selama ini jalur yang paling sibuk angkutan batubara Tanjung Enim-Lampung, Tanjung Enim-Kertapati, Suka Cinta Lahat-Kertapati, semuanya menggunakan jalur yang sama lintas Prabumulih dan Muaraenim,” katanya.

Selama ini setiap ada kereta babaranjang batubara, kereta angkutan lain harus menunggu dulu. Dengan waktu yang cukup lama sekitar 10 menit per stasiun, sementara jumlah stasiun dari Prabumulih ke Tanjung Enim sekitar sembilan stasiun.

Baca:  BI Gencar Sosialisasi Transaksi Non Tunai

Ditambahkannya, dengan dibangunnya ini akan mengurangi kepadatan/beban di jalan raya. Selain upaya meningkatkan kapasitas angkutan kereta api batubara atau babaranjang, kereta penumpang ataupun kereta barang.Opit