Rumdin Pemkab OKUS Terancam Roboh

5

0204.21.2.HASMuaradua, BP
Miris sekali, rumah dinas (rumdin) para pejabat Kabupaten OKU Selatan dibiarkan terbengkalai dan tak terawat. Akibatnya, rumah-rumah yang dibangun tahun 2010 itu terancam roboh.

Pantauan BeritaPagi, Rabu (1/4), rumah dinas yang seharusnya ditempati para kepala dinas, kepala kantor, kepala badan, dan lainnya dikelilingi rumput ilalang.

Tak hanya itu, kondisi bangunan yang terdiri atas beberapa kamar tidur lengkap dengan kamar mandinya tak dialiri air dan listrik, dan dasar lantai yang dilapisi keramik retak serta hancur. Selain itu, dinding-dinding rumah tersebut penuh dengan tulisan.

Pantauan BeritaPagi, rumah dinas lainnya lebih parah lagi, beberapa rumah terkesan mewah itu sungguh disayangkan karena ada yang tak mempunyai atap lagi. Dari salah satu rumah dinas dijumpai ada salah satu keluarga kecil yang menunggu rumah dinas tersebut, dia mengatakan, sejak awal ia tinggal di salah satu rumah dinas kondisinya memang sudah rusak dan semakin parah.

“Ado setahun lebih aku numpang di sini, katik perbaikan dan kondisinyo semakin parah,” kata warga yang enggan menyebutkan namanya, Rabu.

Menurut dia, saat suasana sepi menjelang sore hari, sering terlihat sepasang kekasih mondar-mandir di sekitaran rumah dinas, dan terkadang ia mengusir mereka yang sengaja berhenti di depan rumah dinas itu.

“Takutnyo dimanfaatkan wong untuk mesum dek, makonyo aku galak duduk-duduk di jalan ini,” tuturnya.

Asisten II Pembak OKU Selatan Surya Effendi mengakui, kondisi rumah dinas tersebut sudah mengalami kerusakan, akan tetapi untuk perehabannya pada 2015 ini belum ada anggaran.

Dijelaskannya, untuk pengajuan permohonan perehaban rumah dinas tersebut kembali kepada dinas masing-masing. “Ada anggaran dan pengajuan permohonan baru setelah itu, dilakukan perehaban,” jelas pria yang sehari-haria dipanggil Pefen ini.

Pefen mengharapkan, tahun depan kerusakan rumah dinas itu dianggarkan untuk melakukan perehaban. “Mudah-mudahan tahun 2016 nanti, perehaban rumah dinas ini dianggarkan,” harap Pefen. #bob