Home / Headline / Terkenal Sekolah Teknologi dan Seni, Peminat Program Keahlian DKV di SMKN 7 Membludak

Terkenal Sekolah Teknologi dan Seni, Peminat Program Keahlian DKV di SMKN 7 Membludak

Proses PPDB jalur minat dan bakat di SMK Negeri 7 Palembang.

Palembang, BP–Sebagai SMK Negeri yang terkenal dengan sekolah teknologi dan seni, SMK Negeri 7 Palembang mengalami lonjakan peminat di program keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021.

Bahkan, dari 8 program keahlian andalan yang bisa menjadi pilihan peminat pada PPDB tahun ini, 35 persen peminat PPDB didominasi oleh program keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV).

Kepala SMK Negeri 7 Palembang H Suparman SPd MSi mengatakan bahwa sekolahnya terkenal dengan teknologi dan seni dengan delapan program keahlian.

Mulai dari program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Pemesinan (TPM), Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (KK), Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan (KL), Krita Kreatif Batik dan Tekstil (KT), Seni Lukis (SL), dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

“Pada PPDB tahun ini, 35 persen peminat didominasi DKV, kemudian kedua otomotif. Sebelumnya jalur PMPA sudah kita lakukan dan kali ini tes jalur Minat dan Bakat,” ujarnya, Kamis (25/6).

Ia menambahkan bahwa tingginya minat jurusan program keahlian DKV kebanyakan peminat karena ketidaktahuan baik calon siswa maupun orangtua yang kemungkinan arahnya untuk langsung bekerja. Atau mungkin jika seni pemahamannya hanya menari atau melukis.

Padahal menurutnya, banyak program keahlian seni seperti kriya logam, kriya kayu dan kriya lukis banyak memiliki potensi yang besar untuk jadi wirausaha maupun pengusaha.

“Bisa jadi nanti lulusan bisa membatik, buat perabotan maupun juga wirausaha las untuk kriya logamnya,” jelasnya.

Sementara itu dikatakan Siska Anggraini, salah satu peserta PPDB asal MTs Insanul Fitroh Palembang yang mengikuti jalur Tes Minat dan Bakat di SMK Negeri 7 Palembang mengaku bahwa pilihan program DKV merupakan pilihan prioritas yang diinginkan.

“Biar bisa buat poster, periklanan dan bisa melukis,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Satgas Peradaban Bangsa Minta RUU HIP Dihapus dari Prolegnas

Jakarta, BP–Ketua Satgas Peradaban Bangsa (SPB) Aan Rohana minta RUU HIP dihapus dari Prolegnas. “SPB bertugas mengkritisi produk hukum dan ...