Home / Headline / Mabmi Sumsel Gelar Ratib Haddad

Mabmi Sumsel Gelar Ratib Haddad

BP/DUDY OSKANDAR
Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar acara Ratib Haddad, Selasa (23/6) malam di Sekretariat Mabmi Sumsel di Jalan Veteran Palembang.

Palembang, BP

Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar acara Ratib Haddad, Selasa (23/6) malam di Sekretariat Mabmi Sumsel di Jalan Veteran Palembang.

Menurut Wakil Sekretaris Mabmi Sumsel, Ishak Idrus pihaknya berharap melalui kegiatan Ratib Haddad yang berkerjasama dengan majelis zikir al-Awwabien , wabah Covid-19 segera berakhir.

“ Kegiatan Ratib Haddad ini rutin dilakukan sebulan sekali atau seminggu dua kali ditambah dengan program lain seperti Ngobrol Bareng Tentang Budaya (Ngobeng) dengan memanfaatkan tempat yang sudah ada ini di Sekretariat Mabmi Sumsel , pokoknya diisi dengan hal-hal yang positip,” katanya.

Kegiatan lain kedepan yang akan diadakah di sekretariat Mabmi Sumsel adalah Ngopi Masalah Iman dan Akherat (Ngopi Darat).

Sedangkan Penceramah Ustad Hasan Kabul mengatakan Ratib Haddad mengajak yang hadir untuk melestarikan tradisi ratib Haddad karena berisikan tentang zikir dan asmaul husna terpenting berzikir harus dilakukan secara istikomah dan ikhlas.

Dia berharap apa yang di harapakan dalam zikir itu bisa tercapai ,” Karena dalam ratib haddad ini berisi doa-doa tentang apa yang kita inginkan,” katanya.

Terutama kaum muda dia mengajak agar dapat mengisi kegiatan yang positip seperti kegiatan ratib haddad ini.

Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Sumsel Dato DR H Kms Muhdi Abubakar, SE, MM, menjelaskan kiprah Mabmi Sumsel setelah covid-19 yaitu melanjutkan kegiatan ngobeng, sanggar tari dan lain lain yang selama ini sudah berjalan setiap minggu lantaran terpotong covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sempat terhenti.

Dan rencananya pihaknya dalam malam minggu ini akan menggelar kegiatan yaitu ratib adat.

“ Kita berdoa bersama semoga semoga covid-19 ini segera berakhir sambil kegiatan lain seperti ngobeng kita mulai , rencana juga syarofal anam, kegiatan tari-tari melayu, budaya melayu kita mulai aktip lagi,” katanya .

Selain itu pihaknya secepat mungkin akan melantik kepengurusan DPC Mabmi kota Palembang dilanjutkan pelantikan DPC Mabmi kota Prabumulih dan menyusul DPC lain.

“ Seluruh kepengurusan Mabmi seluruh Sumsel sudah terbentuk , karena terpotong covid ini tidak bisa melantik, mana mereka siap kita lantik ,” katanya.

Memaknai hari ulang tahun Mabmi ke – 49 menurutnya Mabmi harus lebih melestarikan budaya dan membuat budaya menjadi lestari.
Selama ini menurutnya budaya banyak di tinggal oleh generasi milenial sehingga pihaknya akan melestarikan lagi budaya ini melalui sosialisasi seperti ngobeng dan kegiatan tari melayu.

Selain itu rencana kedepan Mabmi Sumsel akan menggelar diskusi yang bertajuk Ngobeng dengan menghadirkan para tokoh budaya dan seni yang ada di Kota Palembang dan berkerjasama dengan pihak lain.

Hal ini menurutnya berawal dari prihatin terhadap kalangan milenial banyak meninggalkan budaya melayu sehingga wajar jika budaya melayu ini harus dibangkitkan.

“ Insya Allah kita solid, karena kita merangkul semua unsur kesukuan di Mabmi , budaya melayu ini bukan punya kita , budaya melayu ini luas, “ katanya.

Dan kedepan menurut pria yang berprofesi sebagai pengusaha Palembang ini, memastikan akan ada komunitas sendiri guna mengangkat budaya melayu di Palembang .#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Satgas Peradaban Bangsa Minta RUU HIP Dihapus dari Prolegnas

Jakarta, BP–Ketua Satgas Peradaban Bangsa (SPB) Aan Rohana minta RUU HIP dihapus dari Prolegnas. “SPB bertugas mengkritisi produk hukum dan ...