Home / Headline / Juknis Berubah, Tes Jalur Mandiri PPDB SMAN Hanya Terima Kuota 50 Persen

Juknis Berubah, Tes Jalur Mandiri PPDB SMAN Hanya Terima Kuota 50 Persen

Pelaksanaan tes PPDB jalur mandiri di SMA Negeri 6 Palembang.

Palembang, BP–Merujuk pada Petunjuk Teknis (Juknis) tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur tes mandiri jenjang SMA rujukan maka SMA Negeri 6 Palembang hanya menerima 180 siswa atau 50 persen dari kuota secara keseluruhan daya tampung yakni 360 siswa.

Tes jalur mandiri pun digelar dengan Protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari kluster baru penyebaran Pandemi Covid-19. Mulai dari wajib tes suhu sebelum masuk, wajib masker, wajib cuci tangan dan ruangan hanya diisi maksimal 16 orang.

Benar saja, sebanyak 480 peserta dari lulusan berbagai SMP di Sumsel hari ini berebut 180 kursi pada tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur mandiri.

“Tahun ini kita menerima 360 siswa dari 10 rombel. 50 persennya sudah terserap di empat jalur sebelumnya yakni afirmasi, mutasi, zonasi dan PMPA. Sedangkan 50 persennya tes mandiri hari ini,” ujar Kepala SMA Negeri 6 Palembang Hj Maryati SPd, MM, Rabu (24/6/2020).

Ia menambahkan bahwa Proses tes PPDB terutama jenjang SMA tahun ini sangat memberatkan bagi orang tua. Pasalnya, jika anaknya tak mampu lulus di tes jalur mandiri maka secara otomatis harus merelakan anaknya untuk tak bisa menempuh studi di sekolah negeri.

Pasalnya, jika proses tes mandiri PPDB tahun lalu digelar dengan dua gelombang yakni SMA rujukan baru kemudian gelombang kedua SMA reguler akan tetapi tidak untuk tahun ini.

“Karena tahun ini tes mandiri serentak. Sehingga berat bagi orang tua, ketakutannya lebih tinggi akan anaknya tak lulus tes, karena kalau tak lulus terpaksa harus sekolah swasta,” terangnya.

Belum lagi tahun ini, ada perubahan petunjuk teknis (Juknis) PPDB yang merubah jumlah kuota tes mandiri untuk SMA rujukan yang semula 90 persen menjadi 50 persen untuk tahun ini.

“Sehingga secara otomatis akan menambah ketat seleksi karena persentase kuota untuk jalur Penelusuran Minta dan Prestasi Akademik (PMPA) jalur zonasi, jalur mutasi dan jalur afirmasi,” jelasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

SMB IV Jenguk Hj Anna Kumari Yang Tengah Sakit

Palembang, BP Hj Anna Kumari seniman dan budayawati Kota Palembang mendapatkan kunjungan dari Sultan Mahmud Badarudin (SMB) IV RM Fauwaz ...