Home / Headline / Kampung Tangkal Covid-19 Terbentuk

Kampung Tangkal Covid-19 Terbentuk

Wakil Bupati OKU Johan Anuar foto bersama dengan warga di kampung tangkal Covid-19 di Dusun V, Lekis, Desa Banuayu, Kecamatan Lubuk Batang, OKU, Kamis (4/6).

Baturaja, BP–Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga bersama Wakil Bupati OKU Johan Anuar, menghadiri acara Lounching Desa Tangkal Covid-19 di Dusun V, Lekis, Desa Banuayu, Kecamatan Lubuk Batang, OKU, Kamis (4/6).

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga menyampaikan bahwasanya kampung tangkal Covid-19 Polres OKU ini dalam rangka menunjang ketahanan pangan bagi masyarakat yang terkena dampak covid-19. Kegiatan ini adalah kebijakan yang diambil oleh Kapolda Sumsel dalam hal untuk menyikapi dampak dari Covid-19.

“Ada 4 item program pokok yang harus dilaksanakan yang pertama adalah 1 Desa harus memiliki 1 posko Covid-19 dan ini sudah terealisasi, kedua adalah ketahanan pangan yang mana pada hari ini kita akan melakukan penebaran bibit ikan nila dan penanaman ubi racun di Desa Banuayu, hal ini juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Semidang Aji sudah berjalan budidaya Lele dan menanam sayur mayur serta di Kecamatan Pengandonan juga melaksanakan budidaya ikan Lele, kemudian ketiga adalah pendampingan bimbel anak-anak SD ini sudah kita laksanakan di Kecamatan Baturaja Barat yang dikelola oleh Bhabinkamtibmas,” papar Arif Hidayat Ritonga.

Arif mengatakan demikian juga di Kecamatan Baturaja Timur sudah dilaksanakan bimbel tapi bukan pendidikan umum melainkan pendidikan agama dikelola oleh Bhabinkamtibmas dari Polsek Baturaja Timur dan Keempat adalah Jumat Berbagi disini kami juga sudah dapat bantuan dari Mabes Polri sejumlah 10 ton beras yang dibagikan melalui Kapolsek disetiap Kecamatan masing-masing di Kabupaten OKU, untuk sementara yang bisa kami bantu sebanyak setiap Kecamatan 45 KK.

“Polres juga membentuk kelompok tani baru 10 KK yang ikut serta untuk melaksanakan penanaman ubi racun untuk sementara yang sudah dikelola kurang lebih 20 hektar untuk keseluruhan,” katanya.

Sementara itu Wabup OKU Johan Anuar, menyampaikan apresiasi atas gagasan jajaran Polri membentuk kampung tangkal Covid-19 guna memperkuat program ketahanan pangan di daerah dalam kondisi pandemi Covid-19. Pemkab OKU mendukung sepenuhnya dan akan terlibat langsung menggerakkan potensi masyarakat untuk mensukseskan tujuan pembentukan kampung tangkal Covid-19 di Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang ini.

“Yang ditandai dengan penanaman singkong dan penebaran benih ikan nila, kegiatan ini diharapkan kedepan akan terus dibina oleh jajaran Polres OKU melalui Polsek Lubuk Batang dan Pos Pol Subsektor Lekis,” kata Johan.

Dia berharap kegiatan ini akan semakin memotivasi tumbuh kembang semangat swadaya masyarakat agar lebih produktif menggunakan lahan di sekitar pemukiman masing-masing untuk budidaya tanaman pangan dan budidaya ikan.

Selanjutnya, pada kesempatan itu Johan mengimbau kepada masyarakat agar kiranya tetap mematuhi anjuran pemerintah dan melaksanakan budidaya bersih serta perilaku hidup sehat, terutama dalam mentaati protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya yaitu memakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan dengan sabun. #yan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPW PPP Sumsel Siap Sukseskan Pilkada Sumsel Berjalan Aman, Damai, Tentram dan Kondusif

Palembang, BP Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S., MM melakukan kunjungan silahturahmi ke kantor ...