Home / Headline / Ketua MPR: Corona Bisa Kita Taklukkan, Asal Bergotong-royong

Ketua MPR: Corona Bisa Kita Taklukkan, Asal Bergotong-royong

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak mengucilkan dokter dan tenaga medis kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Mereka adalah pahlawan kemanusiaan yang berperang di barisan paling depan.
“Di tengah keterbatasan alat perlengkapan diri (APD) di berbagai rumah sakit akibat pandemi Covid-19, dokter dan tenaga kesehatan tetap menangani pasien. Kita harus memberikan dukungan dengan menyumbangkan APD atau minimal memberikan apresiasi dan doa. Bukan mengucilkan mereka,” ujar Bamsoet kepada Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Donny Monardo di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (2/4).
Dikatàkan, berdasarkan data per 1 April 2020 kemarin, penyebaran virus COVID-19 masih mengkhawatirkan. Secara global, 750.890 kasus terkonfirmasi dengan kasus kematian 36.405 jiwa. Sedangkan di Indonesia, kasus positif mencapai 1.677 orang, dengan pasien sembuh 103, dan meninggal 157. Jumlah kasus positif dan meninggal di Indonesia maupun di dunia terus meningkat secara signifikan setiap hari.
“Situasi buruk akibat pandemi Covid-19 hanya dapat ditaklukan dengan kedisiplinan setiap warga negara dan gotong royong, termasuk pemerintah pusat dan daerah. Karena itu bagi warga masyarakat dimanapun berada, perlu ditekankan kembali dilarang berkumpul, cuci tangan pakai sabun, tidak mudik dan tidak piknik, jika sakit gunakan telemedicine atau datangi fasilitas kesehatan terdekat,” tegas Bamsoet.
Dia menambahkan komitmen MPR RI untuk memastikan pemerintah dan seluruh elemen bangsa bersatu padu melawan Covid-19. Secara khusus, MPR RI menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada dokter, tenaga medis, relawan, pelayan masyarakat dan pekerja kemanusiaan di seluruh penjuru nusantara, yang telah berjuang dalam penanggulangan pandemi Covid-19.
“MPR RI juga menyampaikan dukungan terhadap pemerintah, terkhusus melalui kerja keras dan kerja kolaboratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Tidak kalah penting MPR RI menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada masyarakat yang merelakan dan mengorbankan banyak hal demi pemutusan mata rantai Covid-19,” ujar Bamsoet.
Dia mengajak segenap elemen bangsa untuk bersama-sama membangun optimisme, bahwa bangsa Indonesia pasti bisa melewati situasi ini. Adanya pasien yang berhasil disembuhkan membuktikan bahwa virus Corona dapat ditaklukkan. Jumlah pasien sembuh yang menunjukkan grafik peningkatan, semakin menambah optimisme.
“Data pasien sembuh dari tanggal 29 Maret 2020 sampai tanggal 1 April 2020, meningkat dari angka 46, 64, 75, dan 103. Ditambah semangat juang pekerja medis dan relawan yang tak kenal lelah, serta langkah dan kebijakan pemerintah yang dibuat dengan hati-hati, cepat, strategis, dan terukur, tentunya akan semakin menguatkan kita dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tutur Bamsoet.
Bamsoet ingin mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa pemerintah telah hadir di tengah masyarakat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sekaligus dirinya memohon dukungan seluruh rakyat Indonesia untuk mendukung kinerja Gugus Tugas ini.
“Jika setiap warga disiplin, semakin cepat Indonesia terbebas dari Covid-19. Sebaliknya, jika warga abai maka perang terhadap Covid-19 ini sulit berakhir dalam waktu dekat,” papar Bamsoet.#duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Melihat Aktivitas Kampung Tangguh Tangkal Covid-19 di Muba: Warga Kompak Saat Pandemi, Kelola Pangan Lokal

Sekayu, BP–Lahan seluas 1,5 hektar terhampar luas di Perumnas Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu. Tanaman pangan lokal diantaranya Jagung, Cabai, ...