Home / Bisnis / DD Sumsel Cekal Corona di Mushola Transmart Carrafeour & Masjid di Palembang

DD Sumsel Cekal Corona di Mushola Transmart Carrafeour & Masjid di Palembang

Palembang, BP–Guna mencegah penyebaran virus corona di Sumatera Selatan, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa (DD) Sumsel menerjunkan timnya, menggelar aksi Cekal (cegah tangkal) Corona di tempat-tempat ibadah dan tempat umum.
Aksi Cekal dengan penyemprotan disinfektan di mulai dari Kantor Layanan Dompet Dhuafa Sumsel dan Klinik Layananan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) beberapa waktu lalu. Kini, tim turun langsung ke tempat-tempat umum yang dianggap berpotensi terpapar virus Corona.
“Pada hari pertama kita turun ke masyarakat. Kami menerjunkan dua tim. Tim A DMC DD Sumsel yang di pimpin Manajer Klinik LKC drg. Miko, menyemprot disinfektan di Masjid Al Ghazali, Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu dan Mushollah Berkah yang berada tidak jauh dari Klinik LKC DD Sumsel di 7 Ulu Palembang,” jelas Staf Divisi Sosial dan Dakwah DD Sumsel, Ahabba Tholibin, Senin (23/3/2020).
Dalam waktu bersamaan, tim B juga menyemprot di Musholla Transmart Carefour yang berada di Jalan Radial, Palembang.
Dompet Dhuafa Sumsel sengaja memilih tempat belanja dan bermain yakni Transmart Carrafour, karena bukan menjadi rahasia lagi, pengunjung yang datang ke sini setiap harinya selalu ramai.
Mereka yang datang pun dari daerah yang berbeda. Tak jarang juga banyak dari provinsi lain.
“Karyawan, petugas dan pengunjung Transmart Carrefour yang beragama Islam, biasanya shalat lima waktu di Musholla Transmart. Jadi, kita mau tempat ibadah umat muslim khususnya di Transmart ini aman dari virus Corona,” ungkapnya.
Musholla Transmart, Masjid Taqwa di Jalan Sanusi, Sukabangun, yang bakal mereka kunjungi, termasuk masjid yang sudah disemprot disinfektan oleh tim A, sebagai bentuk perlindungan Dompet Dhuafa Sumsel pada umat muslim dalam beribadah.
“Karena kita sebagai orang muslim, tempat kita ibadah berjamaah dan berkumpul yah, di masjid. Jadi, kami coba memberikan kenyamanan, keamanan dan perlindungan pada umat muslim dalam menjalankan shalat lima waktu aman,” jelasnya.
Tak hanya tempat ibadah, saat ini, Dompet Dhuafa Sumsel juga bakal melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat umum yang dianggap punya potensi penyebaran virus Corona, seperti stasiun LRT dan Halte Transmusi.
Jika tim medis menjadi pahlawan kemanusian dalam proses pengobatan mereka yang positif Corona, DMC Dompet Dhuafa Sumsel bersama relawan, berada di garda terdepan, memutus rantai penyebaran virus corona dan melincungi mereka yang masih sehat supaya tidak terpapar virus yang mematikan itu.
“Kami mohon dukungan dan semangat dari seluruh lapisan masyarakat Sumsel,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Karyawan Transmart Carrefour Edward menyambut baik aksi yang dilakukan DMC Dompet Dhuafa Sumsel.

Tak bisa dipungkiri, merebaknya virus corona di Indonesia membuat karyawan khawatir.

“Selama ini karyawan inisiatif bawa sajadah untuk shalat di Musholla Transmart. Makanya, kami ucapkan terimakasih sekali, penyemprotan disinfektan ini. Karena jamaah pasti bisa lebih tenang dalam menjalankan ibadah shalat. Apalagi, selama ini mushola ini memang belum pernah disemprot disinfektan,” ujarnya.

Sebagai tempat belanja dan rekreasi, kontak dengan pengunjung memang sulit terelakkan. Tapi, mengikuti anjuran pemerintah seperti bersalaman tanpa bersentuhan cukup membantu.

Sekadar untuk diketahui, selain tim A dan tim C, masih ada tim C yang rencananya bakal terjun menggelar aksi yang sama di Masjid Ar Raiyah DPRD Sumsel, Selasa (24/3/2020), pagi. #zal

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

OKU Jadi Tempat Offroad

Baturaja, BP–Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten OKU Slamet Riyadi melepas rombongan Baturaja Explore Expedition Kabupaten Ogan Komering ...