Home / Headline / Siaga Cegah Corona, 20.000 Mahasiswa UIN Dirumahkan

Siaga Cegah Corona, 20.000 Mahasiswa UIN Dirumahkan

Kampus UIN Raden Fatah Palembang

Palembang, BP–Sebanyak 20.000 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dirumahkan untuk kemudian belajar melalui daring atau online.

Kebijakan ini dibuat sebagai langkah preventif pencegahan wabah Corona atau Covid-19 yang kini menyerang berbagai wilayah di Indonesia. Kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Nomor: SE-188/UN.09/1.3/HK.00.7/3/2020 ini berlaku selama dua pekan ke depan dari 16 Maret hingga 1 April 2020 mendatang.

Demikian dikatakan Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof DR HM Sirozi PhD melalui Wakil Rektor III Rina Antasari MH didampingi Kabiro AAKK Mirwan Fasta SAg MSi, Senin (16/3).

“Jadi sebagaimana pidato Presiden RI bahwa disitu jelas ini sebagai langkah preventif menyikapi wabah covid-19. Jadi dasar hukumnya jelas. Jadi aktivitas perkuliahan ditiadakan dan diganti melalui daring,” ujar Rina Antasari.

Ia menambahkan yang harus dipahami dosen dan mahasiswa bahwa kebijakan ini bukan libur tapi mengganti aktivitas dari tatap muka menjadi daring atau online. Bisa teleconference, tugas online, e-learning, atau melalui media sosial.

Jadi tak dibenarkan jika setelah surat edaran ini jalan kemudian mahasiswa atau pun dosen mudik ke kampung halaman.

“Jadi kebijakan ini berlaku selama 14 hari dan nanti akan dikaji sesuai dengan perkembangan wabah virus Corona. Semoga aktivitas kembali normal,” harapnya.

Pihak kampus juga telah membentuk Tim gugus tugas lingkungan Raden Fatah Palembang yang terdiri dari tim dokter dan dosen bagi keluarga civitas akademika kampus yang mengalami demam, sesak nafas atau pun sejenisnya yang mengarah pada wabah Corona.

Selain itu tak kalah penting bahwa aktivitas seminar, KKL, perjalanan dinas baik keluar kota maupun keluar Negeri dibatalkan, apalagi yang menggunakan jasa penerbangan.

Sementara itu dikatakan Kabiro AAKK MSi UIN Raden Fatah Palembang Mirwan Fasta SAg MSi mengatakan bahwa jumlah total mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang sekitar 20.000 mahasiswa.

“Dan rencana nya ada sejumlah kegiatan yang ditunda. Ditunda ya? bukan dibatalkan. Termasuk wisuda, yudisium dan lainnya,” ujarnya.

Mirwan juga menegaskan bahwa selain aktivitas perkuliahan, aktivitas teknis seperti pegawai, karyawan atau tenaga kependidikan tetap masuk seperti biasa.

“Hanya saja proses pelayanan diharapkan memaksimalkan e-office. Termasuk pelayanan pendaftaran mahasiswa baru,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Pertemukan Semua Pihak, Terkait Konflik Karyawan PT BMU dan Manajemen PT BMU

#Sepakati Upaya Tripartit Palembang, BP DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar pertemuan bersama karyawan PT Baturaja Multi Usaha (BMU) sebagai ...