Home / Headline / Komplotan Penondong Penumpang Speedboat di BKB Palembang Ditembak

Komplotan Penondong Penumpang Speedboat di BKB Palembang Ditembak

BP/IST
Komplotan penodong penumpang speedboat di kawasan dermaga speedboat BKB Palembang, ditembak anggota Unit I Subdit 3 Ditreskrimum Polda Sumsel.

Palembang, BP

Komplotan penodong penumpang speedboat di kawasan dermaga speedboat BKB Palembang, ditembak anggota Unit I Subdit 3 Ditreskrimum Polda Sumsel.
Dua dari empat tersangka diamankan yakni Dede Irawan (21) warga Jalan Faqih Usman Lorong H Ujang Kelurahan 1 Ulu Kecamatan SU I Palembang dan Rian Hidayat (29) warga Jalan Kayu Are Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Palembang.
Penodongan terhadap penumpang, diotaki serang (sopir) speedboat Rian Hidayat yang biasa mangkal di dermaga BKB Palembang.
Barang yang biasa mereka ambil ponsel penumpang speedboat.
“Korban aku panggil, ketika mendekat korban langsung kami ancam. Kami ambil ponsel dan kadang motor korban,” kata tersangka Rian saat diamankan di Mapolda Sumsel, Kamis (12/3).
Tugas Rian, mengatur ketika mereka akan beraksi.
Sedangkan Edo Mursal (DPO), Saribi (DPO) dan Dede Irawan mengeksekusi barang berharga milik korban.
Korban diancam akan di tusuk menggunakan senjata tajam.
Barang hasil todongan, biasanya mereka jual dan uangnya mereka bagi.
“Kalau kemarin motor itu kami jual Rp 2.5 juta di SP Padang OKI. Aku dapat jatah Rp 800 ribu. Kalau tidak nodong, aku suka merampas ponsel penumpang. Pura-pura meminjam, ketika korban meminta langsung aku ancam pakai pisau. Kalau rampas ponsel sudah tujuh kali,” katanya.
Sedangkan tersangka Dede menambahkan, ia baru pertama kali ikut merampok dengan ketiga rekannya.
Ia selama ini selalu mencuri ponsel milik penumpang ketika sedang duduk di speedboat.
“Kalau korban tidur dan terlihat ada ponsel, aku pura-pura dekati. Ponselnya aku ambil diam-diam. Lima kali aku beraksi, semua ponsel aku jual dan uangnya untuk foya-foya,” kata kernet speedboat ini.
Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi menuturkan, kedua tersangka yang ditangkap ini sudah lama menjadi target karena sudah banyak laporan yang masuk dari masyarakat yang menjadi korban yang komplotan ini.
“Kami masih memburu dua pelaku lagi. Dari dua tersangka ini, salah satunya merupakan residivis kasus pencurian,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kapolda Sumsel Ingatkan Apapun Yang Terjadi Dilapangan Tetaplah Menjadi Tanggung Jawab Bersama.

Palembang, BP Kegiatan Rapat Koordinasi Forkopimda Tentang Penerapan New Formal Provinsi Sumsel dan Kota Palembang berlangsung di Mapolrestabes Palembang, Jum’at ...