Home / Headline / Bangun Karakter Disiplin Siswa Lewat Pramuka

Bangun Karakter Disiplin Siswa Lewat Pramuka

Suasana ekstrakurikuler pramuka di sekolah yang langsung diawasi oleh Kepala SDN 51 Palembang Sri Fauza, SE

Palembang, BP–Siswa sebagai generasi muda dituntut tak hanya menguasai akademik saja sebagai penunjang dimasa depan. Kemampuan dari kegiatan non akademik akan menjadi nilai tambah bagi mereka kelak dalam membangun karir.

Upaya tersebut lah yang mulai dibangun oleh pihak SD Negeri 51 Palembang melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang kini telah menelurkan berbagai prestasi.

Pasalnya, melalui kegiatan pramuka akan menumbuhkan jiwa disiplin, cinta tanah air dan memiliki rasa tanggung jawab.

“Saat ini saya siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palembang. Senang saya bisa sekolah di SD Negeri 51 Palembang dimana saya ditempa melalui kegiatan pramuka,” ujar Alin Tulas di sela-sela memberikan pelatihan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 51 Palembang, Sabtu (7/3).

Alin yang pernah menjuarai karate tingkat Kota Palembang ini menambahkan melalui konsep disiplin pramuka itu lah ia kemudian belum lama ini ditunjuk sebagai pemimpin upacara Jambore Kota Palembang di Bumi Perkemahan Cadika belum lama ini.

“Jadi pramuka ini penting, mendidik kita lebih dewasa. Buat adik-adik tetap disiplin dan berlatih. Jangan sampai kita sebagai siswa bergaul sama cabe-cabean,” tegasnya.

Sementara itu dikatakan Kepala SD Negeri 51 Palembang Sri Fauza, SE mengatakan bahwa pramuka merupakan kegiatan wajib yang diikuti pada hari Sabtu setiap pekannya. Menurutnya, pramuka menjadi kegiatan penting karena di dalamnya mengandung nilai-nilai karakter.

“Terutama beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, tanggung jawab dan juga berani sebagaimana tertuang semboyan anggota pramuka,” urainya.

Ia menegaskan kepada semua siswa agar tetap menggantungkan cita-cita apapun karena pramuka adalah bekal karakternya. Sehingga ketika soft skill sudah dimiliki sejak dini makan kelak tinggal mengembangkan kompetensi sesuai profesinya.

“Saya sampaikan bahwa, tak apa sekolah kita rusak dan plafon kita jebol. Inilah tantangan, kita tunjukkan bahwa meski dengan kondisi tersebut siswa kita banyak berprestasi melalui berbagai ekstrakurikuler,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Empat Rumah Sakit di Palembang Dapat Bantuan APD Dari Komisi I DPRD Sumsel

Palembang, BP Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) membagikan Alat Perlindungan Diri (APD) yaitu baju hazmat untuk empat rumah sakit ...