Home / Bisnis / Puluhan Anak Yatim dan Dhuafa Terima Beasiswa

Puluhan Anak Yatim dan Dhuafa Terima Beasiswa

Prabumulih, BP–Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pemerintah Kota Prabumulih launching Program Beasiswa Insan Madani (BIM) dan Yatim Kreatif Indonesia (YAKIN) di Pendopo, Pemerintah Kota Prabumulih, Kamis (5/3/2020).

Walikota Prabumulih melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Mulyadi Musa, di dampingi Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sumsel Kusworo Nursidik, Lc, Ketua MUI Prabumulih Aliyaman, dan Kemenag Prabumulih Yaskuri Dalimunte, meresmikan program BIM dan YAKIN di Prabumulih.

Penerima manfaat dari kedua program beasiswa ini sebanyak 40 siswa. Terdiri dari 20 siswa penerima BIM, yang datang dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Mereka berhak mendapatkan beasiswa Rp300.000. Sementara untuk beasiswa buat anak YAKIN Rp100.000 perbulan. Baik penerima BIM dan YAKIN juga mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari Dompet Dhuafa Sumsel Unit Prabumulih.

Pimpinan Cabang DD Sumsel Kusworo Nursidik, Lc menjelaskan, jika program Beasiswa Insan Madani dan YAKIN sebenarnya telah lama berjalan. Penerima manfaat BIM ini berjumlah 90  orang sampai saat ini, ditambah dari Prabumulih 20 siswa.

“Kalau penerima program YAKIN sampai saat ini ada 130 anak, ditambah 20 anak dari Prabumulih, total ada 150 anak YAKIN,” jelasnya.

Kini Dompet Dhuafa Sumsel lewat Kantor Unit yang berada di Prabumulih, memberikan Beasiswa Insan Madani dan pembinaan YAKIN buat 40 siswa asal Prabumulih.

Mereka penerima BIM ataupun YAKIN tak hanya mendapatkan beasiswa semata saja, tapi juga ada pembinaan pengembangan kapasitas.

Program pengembangan kapasitas ini wajib diikuti penerima beasiswa untuk meningkatkan wawasan siswa sebagai generasi penerus bangsa, mandiri, punya kepedulian dan aspek pribadi positif lainnya.

Masih kata Ustadz Kusworo, sebenarnya, Program DD Sumsel sudah lama menyentuh masyarakat Prabumulih.

“Sebelum kami telah hadir tebar hewan kurban, distribusi zakat, bantuan layanan mustahik dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dalam menyalurkan zakat, infak dan sedekah, Dompet Dhuafa Sumsel selalu menyalurkannya di tempat dihimpun.

“Artinya, kalau zakat, infak, sedekah dihimpun di Prabumulih. Tidak ada yang disetor ke provinsi ataupun pusat. Semua buat membantu dhuafa di Prabumulih,” tegasnya.

Untuk membantu lebih banyak dhuafa di Prabumulih, DD Sumsel mengajak masyarakat untuk berzakat, infak dan sedekah lewat Dompet Dhuafa Sumsel Unit Prabumulih yang berada di Jalan Sudirman, RT/RW 01/07, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur.

Di tempat yang sama, Walikota Prabumulih lewat Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Mulyadi Musa, memberikan apresiasi pada Dompet Dhuafa Sumsel yang telah memberikan beasiswa buat siswa sekolah dasar dan Sekolah Menengah Atas dari keluarga tak mampu di Prabumulih.

Di Prabumulih sendiri, diakuinya, sebenarnya zakat penghasilan telah berjalan sudah sejak lama. Dana yang terkumpul biasanya dibangunkan rumah untuk orang tidak mampu.

“Bagus juga, kita buat rumah buat orang miskin dan Dompet Dhuafa Sumsel membantu orang tersebut,” katanya.

Itu artinya, program yang ada di Prabumulih bisa bersinergi dengan Dompet Dhuafa Sumatera Selatan. Apa yang dilakukan DD Sumsel lewat kantor unit di Prabumulih, membuktikan jika membantu warga miskin, bukan tanggungjawab pemerintah saja.

“Itu jadi tanggungjawab kita bersama,” ucapnya.#zal

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pangdam II Sriwijaya Kunjungan Kerja Bersama Forkompimda Sumsel Ke OKU dan Pali Terkait Covid-19

Palembang, BP Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., bersama Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali melaksanakan kunjungan kerja ...