Home / Headline / GBHN Penting Untuk Kesinambungan Pembangunan

GBHN Penting Untuk Kesinambungan Pembangunan

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, anggota MPR Ahmad Riza, dan pengamat politik Pangi Chaniago dalam diskusi di ruangan wartawan DPR Jakarta, Senin (2/3/2020).

Jakarta, BP–Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) penting bagi kelangsungan dan kesinambungan pembangnan dari pusat hingga daerah. Terpenting lagi agar presiden, gubernur, bupati dan walikota satu arah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.
“Payung hukum untuk menyusun GBHN itu sangat penting, agar lebih kuat sebagai pegangan arah pembangunan pusat dan daerah. Apalagi, instruksi gubernur sering dipatahkan oleh bupati, karena sama-sama merasa dipilih rakyat,” ujar Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan di ruangan wartawan DPR Jakarta, Senin (2/3).
Menurut Syarif, UU No.25 tahun 2004 itu tidak memiliki sanksi konkret, hanya terbatas pada moral. Aspirasi masyarakat termasuk kalangan akademis selama penyerapan MPR RI juga berbeda-beda.
“Ada kelompok yang mendukung dan tidak. Yang jelas aturan yang ada sudah cukup. Yang terpenting sandang-pangan murah, pendidikan dan kesehatan baik, dan rakyat sejahtera. Tapi, mana yang terbaik, kita tunggu keputusan Badan Pengkajian MPR RI,” jelas Syarief.
Anggota MPR Ahmad Riza mendukung terbentuknya GBHN tersebut agar sejalan antara kepentingan pusat, gubernur, bupati dan walikota. “Selama ini gubernur, bupati dan walikota sering tak ketemu, sehingga gubernur sering mengeluh. Karenanya diperlukan GBHN,” tambahnya.
Pengamat Politik Pangi Chaniago mengatàkan, arah pembangunan itu tergantung pada selera presiden, gubernur, bupati dan walikota. “Jadi, serba tanggung dan tak berkelanjutan. Harusnya semua fokus [ada kepentingan rakyat,” ungkapnya.#duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Empat Rumah Sakit di Palembang Dapat Bantuan APD Dari Komisi I DPRD Sumsel

Palembang, BP Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) membagikan Alat Perlindungan Diri (APD) yaitu baju hazmat untuk empat rumah sakit ...