Home / Headline / Hukum Adat Dan Modernisasi Hukum

Hukum Adat Dan Modernisasi Hukum

BP/IST
Albar S Subari SH SU

Oleh : Albar S Subari SH SU (Ketua
Pembina Adat Sumatera Selatan)

Hukum (adat) dan perubahan sosial adalah dua hal yang hubungan satu sama lain bersifat paradoksal.
Hukum selalu tunduk pada karakter normatif sementara perubahan sosial berjalan sesuai dengan kontinuitas empirisnya.
Dengan atribut yang melekat, hukum menghendaki ketegaran dalam arus perubahan, sedangkan dinamika sosial membutuhkan penyesuaian hukum, dengan dalih agar hukum dapat fungsional.
Yang menjadi soal adalah hukum yang harus menyesuaikan dengan perubahan atau mempertahankan hukum dalam perubahan. Manakala hukum yang harus menyesuaikan dengan perubahan maka keadaan semacam ini dapat berakibat terhadap keberadaan norma norma dasar yang terdapat dibalik hukum, terutamahukum adat.
Sebaliknya apabila dalam proses perubahan, hukum yang harus dipertahankan, maka seluruh kaidah kaidah hukum akan memendekkan perubahan dan akibatnya ketertinggalan.
Oleh karena itu penting dalam konteks perubahan itu adalah mengelaborasi peranan hukum, terutama hukum adat, agar dapat fungsional di masyarakat.
Didalam kancah penegakan hukum, peranan dan sumbangan hukum adat tidak dapat dipungkiri bahwa penegakan hukum merupakan penyesuaian nilai nilai dengan prilaku manusia, dengan jalan mengujudkan idee idee atau nilai kedalam bentuk hukum in concreto.
Atas dasar hal hal dimuka, secara ideal keberadaan hukum adat dimasa mendatang tidaklah perlu dirisaukan.
Akan tetapi melihat arah perkembangan masyarakat kita, yang menuju kepada masyarakat industri, tampaknya situasi hukum adat yang ideal itu perlu dikaji ulang dan diprediksi lebih jauh, agar benar benar menjafi kenyataan.
Secara ringkas pokok bahasan ini merupakan penelaahan terhadap hukum adat dewasa ini, yang selanjutnya melihat perkiraan perkiraan masyarakat industri yang akan datang dengan berbagai persoalan yang muncul.
Berangkat dari itu persoalan ini akan dilihat bagaimana relevansi dan peranan hukum adat dimasa mendatang. Bagaimana mempersiapkan studi hukum adat dengan setting masyarakat kita yang semakin modern.#

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kelly Mariana : Penundaan Pilkada Kewenangan Pemerintah Pusat

Palembang, BP Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Kelly Mariana mengatakan, penundaan pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, termasuk ...