Home / Headline / “Tanah Ulayat Sumsel Dengan 178 Marga dan 2129 Dusun Di Rampas Pemerintah Hingga Kini Belum Dikembalikan”

“Tanah Ulayat Sumsel Dengan 178 Marga dan 2129 Dusun Di Rampas Pemerintah Hingga Kini Belum Dikembalikan”

Oleh : Beni Mulyadi (Aktivis

dan Pemerhati Adat Sumsel)

BAGI  masyarakat dusun dan marga di Sumatera Selatan seharusnya menjerit dimana lembar kelam kesejarahan & komitmen kebangsaan di nodai rezim Orde Baru (Orba) dengan Pembubaran sistem pemerintahan marga dan perangkatnya sebagai mana Sk Gubernur Sumsel Kdh Tk 1 Provinsi Sumsel No.142/KPTS/ III/1983 yang jelas melanggar UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila dan hakekat NKRI.
Lebih tersayat lagi dikala dusun dan marga hilang dari konstitusi di era reformasi dan otonomi daerah
Tanah Ulayat Sumsel dengan 178 Marga dan 2129 Dusun di rampas Pemerintah hingga kini belum dikembalikan.
Nilai-nilai kearipan lokal juga bak hilang di telan bumi….berapa kerugian materi dan non materi yang diderita
Perda Pengakuan hukum adat dan pasirah pun belum terwujud ditingkat Provinsi.
Dari sini terang benderang adanya pergesarn dari hak melekat/ hak bawaan ke hak pemberian…khusus perihal ini amandemen ini lebih mengarah Ke kompilasi….karena pemerintah menerbit UU yang di sebut UU Desa….sedangkan Desa setara statusnya dengan dusun dan marga maupun nagari ….terlihat tunggal ika dari pada Bhineka Tunggal Ika , apakah ini Jawa Sentris?
Kita harus mengingat bahwa kemerdekaan Indonesia di rebut dari penjajah dengan darah dan air mata bukan pemberian penjajah…..bila hanya menerima saja kehendak dari penguasa, Tak ubahnya dengan para antek kolonialisme bahkan lebih dari itu kolonialisme tidak merampas tanah adat/ ulayat marga….sangat ironi hal ini menerpa Rakyat dusun dan marga di Sumatera Selatan…….

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kabid Humas Polda Sumsel Buka Pelatihan Photography

Palembang, BP Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel)  Diwakili Kabid Humas Kombes Pol. Drs. Supriadi, MM membuka Pelatihan Photography Dalam Rangka Meningkatkan ...