Home / Headline / APBD Sumsel 2020 Selesai Di Evaluasi Kemendagri

APBD Sumsel 2020 Selesai Di Evaluasi Kemendagri

BP/IST
Sekretaris DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Ramadhan S Basyeban

Palembang, BP
APBD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah selesai di evaluasi pihak Kemendagri dan rencananya, Kamis (13/2) akan dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumsel.
Dalam evaluasi tersebut menurut Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ramadhan S Basyeban semuanya dalam baik-baik saja.
“ Memang aturannya harus dibahas lagi di banggar, kita bicara aturan dan setelah selesai di bahas di banggar guna menyamakan persepsi, artinya dari pusat menggaris bawahi, ini wajib diketahui dan dijalankan oleh kita,” katanya, Kamis (13/2).
Di Mendagri APBD Sumsel 2020 menurutnya menyerahan APBD Sumsel tahun 2020 ke Mendagri yang melewati bulan Desember 2019 tidak dianggap mengalami keterlambatan atau masuk katagori lambat,” Artinya diberikan kelonggaran,” katanya.
Sebelumnya DPRD Provinsi Sumsel menggelar sidang paripurna pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Selatan, Tahun Anggaran 2020, Kamis (23/1).
Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumsel, HJ. RA. Anita Noeringhati SH MH didampingi wakil ketua Muhendi Maharzeki, Kartika Sandra Desi dan Giri Ramandha Kiemas serta dihadiri Gubernur Sumsel, H. Herman Deru.
“Alhamdulillah APBD sudah disahkan secara bersama-sama, walau sempat dua kali dijadwalkan tidak kuorum,” ujar Anita.
Hari ini, RAPBD sudah disahkan DPRD Sumsel bersama dengan Gubernur Sumsel. “Selanjutnya RAPBD ini akan diserahkan kepada Kemendagri untuk dievaluasi,” jelas wakil rakyat yang dulunya seorang advokat ini.
Dengan disahkannya APBD ini, lanjut Anita, maka program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah provinsi dapat berjalan dengan baik, sebagaimana visi misi Gubernur Sumsel.
“Dengan ini maka program pembangunan yang dicanangkan dapat berjalan pada Februari nanti,”cetusnya.
Setelah ini, pemerintah provinsi akan langsung menyerahkan RAPBD pada Kemendagri untuk dievaluasi.
“Sebagaian besar APBD provinsi lain sudah disahkan, paling beberapa hari sudah dievaluasi, setelah itu dari Pemprov diserahkan kepada DPRD yang nantinya akan dibahas di Banggar untuk dibahas kembali bersama-sama,”ujarnya.
Apa saja yang akan menjadi evaluasi sepenuhnya kewenangan Kemendagri, namun yang terpenting program pembangunan dapat berjalan dengan baik, sebagaimana yang ada dalam program setiap OPD.
Dalam APBD tahun 2020 ini tidak dianggarkan pembebasan lahan Musi IV, padahal anggaran tersebut sudah ditunggu masyarakat tinggal pencairan, namun pihaknya akan mengalokasikan anggaran tersebut yang mencapai 100 miliar lebih anggaran dialokasikan pada APBD perubahan tahun 2020.
“Kita optimis dapat dialokasikan pada APBD perubahan, Insyallah akan menjadi program kerja kita,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bantu Cegah Virus Corona, Fraksi PKS DPRD Sumsel Donasikan Gaji Bulan Maret

  Palembang, BP Enam anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dari Fraksi PKS DPRD Sumsel mendonasikan gaji bulan Maret 2020 ...