Home / Headline / Mengenal Desa Kelampadu di Ogan Ilir

Mengenal Desa Kelampadu di Ogan Ilir

Oleh : Kms. Muhammad Setiawan

Harnawan (Ketua DPP KOPZIPS)

DESA Kelampadu yang terletak di Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan desa yang kental akan nilai-nilai religius agama Islam mulai dari sejak berdirinya sekitar abad ke-16 M hingga saat ini masih tetap teguh memegang ajaran mulia yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ini.
Terbukti dari beberapa bangunan bernilai sejarah berikut dan beberapa tokoh pendiri desa (para puyang) ditambah lagi dengan data beberapa alim ulama (para kyai) yang banyak di desa ini sebagaimana data berikut :

Bangunan bersejarah di desa Kelampadu :

1. Rumah Limas Tua (sudah hilang semua, berganti rumah baru seperti yang saat ini kita lihat)
2. Masjid Al-Ikhlas (bangunan masjid lama yang asli dulu bergaya melayu, berada di lokasi yang saat ini menjadi kantor kepala desa) bangunan masjid yang kita saksikan saat ini arsitekturnya bergaya turki usmani
3. Langgar Al-Kautsar (walaupun tergolong baru bangunan ini bergaya melayu Kelampadu).

Baca:  6 Tersangka Kericuhan di KPU Empat Lawang Ditahan di Polres Muaraenim

Daftar nama-nama ulama, aulia dan para leluhur (Puyang) di desa Kelampadu :

1. Puyang Meranggi / Kiai Jabar / Ki Jabaranti / Syekh Jamak bin Syekh Abdul Quraisyin (makamnya di dusun lama seberang bagian ilir dusun, sayangnya makamnya sudah terbis / hilang karena derasnya erosi tanah di pinggiran Sungai Ogan)
2. Puyang Batu / Puyang Kafid Putih / Puyang Siyap / Ahmad Anom Subadra Al-Hafidz (makamnya di ulu dusun lama seberang ,bagian ulu dusun seberang saat ini, Alhamdulillah makamnya sampai saat ini masih ada dan bisa kita ziarahi)
3. Puyang Makam / Puyang Nyi Rara Kemeni (makamnya di TPU (tempat pemakaman umum) kita saat ini, di ulu dusun bagian laut saat ini, Alhamdulillah makamnya sampai saat ini masih ada dan bisa kita ziarahi)
4. Puyang Renek / Puyang Bedil / Abdillah
(makamnya di darat dusun saat ini, atau tepatnya di daerah lebak cakil arah dusun sunur, ada keunikan di makam satu ini ada yang mengatakan panjang makam beliau 9 depo (9 meter) ada juga yang mengatakan memang makamnya 9 buah, disini ada yang unik dengan rahasia angka 9 ,wali songonya Kelampadu kah ? Wallahu ‘alam, Alhamdulillah makamnya sampai saat ini masih ada dan bisa kita ziarahi).
5. Puyang Gamat (makamnya di ilir dusun saat ini, atau tepatnya di ulu dusun bantian, sayangnya makamnya sudah terbis / hilang lantaran derasnya erosi tanah pinggir Sungai Ogan).

Baca:  Pangdam Olahraga Bersama Forkopimda Lahat, Empat Lawang Dan Pagaralam

Daftar nama-nama alim ulama (para Kyai-Kyai) di desa Kelampadu dari masa ke masa :

1. Kyai Haji Amir (beliau adalah abahnya Alm Guru Muhammad Isa) di kampung ulu dusun.
2. Kyai Haji Basri (beliau adalah abahnya Alm Kyai Ahmad Rifa’i / Yek Syihab) di kampung ulu dusun
3. Kyai Haji Ilyas (beliau adalah abahnya Alm Pesirah Haji Nawawi / Yek Kemal) di kampung ulu dusun.
4. Kyai Haji Umar (beliau adalah abahnya Bapak Jumadi), rumah beliau di kampung ilir laut dusun. Beliau belajar ilmu agama Islam dan menahun di kota Madinah Al-Munawwarah.
5. Kyai Haji Jun (beliau adalah abahnya Bapak Qok) rumah beliau di kampung ilir dusun.
6. Kyai Muhammad Alifiah (Yek Buyut Uju Ali), beliau adalah abahnya Bapak Darul Qutni Ali (yek uju darul) Kades kito. Beliau Kepala Sekolah Agama Madrasah Nurul Huda pada masanya di dusun kito kampung ulu.
7. Kyai Ahmad Rifa’i (Yek Syihab), beliau adalah abahnya Ibu Badariah (Wak Simin) di kampung ulu dusun, koleksi kitab-kitab peninggalan beliau sangat banyak dan dapat kita saksikan di rumah anak beliau, menandakan giatnya beliau dalam mempelajari berbagai disiplin ilmu agama Islam.
8. Kyai Musthofa Sako (Yek Las), beliau adalah abahnya ibu Lasmini / ibu Ruk di kampung Ilir dusun.
Semoga desa ini kedepannya semakin berkah dan senantiasa masyarakatnya teguh memegang nilai-nilai agama Islam dan menjadi desa yang Qoryatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur.#

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kelly Mariana : Penundaan Pilkada Kewenangan Pemerintah Pusat

Palembang, BP Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Kelly Mariana mengatakan, penundaan pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, termasuk ...