Home / Headline / KPU Sumsel Segera Lakukan Pemutahiran Data Pemilih Untuk Pilkada 7 Kabupaten Kota

KPU Sumsel Segera Lakukan Pemutahiran Data Pemilih Untuk Pilkada 7 Kabupaten Kota

BP/DUDY OSKANDAR
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana

Palembang, BP
Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kelly Mariana mengakui Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 19 tahun 2020 tentang pemutahiran data pemilih sudah keluar. Sumsel menurutnya baru akan memulai pemutahiran data menjelang Pilkada serentak di 7 Kabupaten di Sumsel tahun 2020 ini.
“ Yang baru mungkin mengenai cara pemutahiran, coklitnya,” kata Kelly usai diskusi Fornews Forum #2 dengan Tema “Wanita Dalam Pusaran Politik…Siapa Takut!”. bertempat di Cafe Kopi Kita dan Siber Work Space, Sabtu (25/1).
Apalagi menurut Kelly, DPT pemilu yang mereka gunakan terakhir untuk di tahun 2019 dan selalu pihaknya perbaharui karena pihaknya menggunakan sistim pemutahiran data berkelanjutan,.
“ Yang memang benar-benar ganda itu sudah mulai dari kemarin-kemarin sudah ditelusuri dan di delete, untuk DPT yang ada di KPU, inilah yang akan di singkronisasi DP4 yang diberikan Kemendagri,” katanya.
Kelly mengakui dinamika yang manusia lahir dan yang meninggal tentu ada dan menurutnya DPT ada kemungkinan naik namun tidak siknifikan karena waktunya sangat pendek.
“ Karena waktu selisih pemutahirannya mungkin setahun dari yang terakhir,” katanya.
Dia memastikan belum ada keputusan penerapan E-Rekap termasuk di Provinsi Sumsel. Walaupun demikian akan ada sejumlah kabupaten di Sumsel yang akan dipilih untuk menerapkan E-Rekap sebagai pilot project.
“ Tapi kita sudah semua 34 provinsi ini diminta memberikan titik koordinat TPS-TPS yang ada, tapi sebenarnya walaupun kita sudah memberikan beberapa titik –titik koordinat TPS-TPS yang ada itu hanya untuk TPS-TPS yang sudah digunakan sebelumnya, sedangkan ini TPSnya berbeda dan jumlah TPS perkabupaten berbeda, kemudian jumlah pemilih per TPS berbeda, makanya jumlahnya TPSnya lebih kecil karena jumlah pemilih TPS lebih besar,” katanya.
Apalagi untuk saat ini penentuan titik koordinat di kabupaten kota belum 100 persen selesai, agar E-Rekap saat pelaksanaannya bisa lancar.
“ Kalau PPK atau PPSnya sudah dilantik baru kita bisa berbicara karena merekalah yang tahu dimana titik-titik yang tepat TPS-TPS itu, tapi tidak seluruh kabupaten di Sumsel E-Rekap, kalau seluruh kabupaten kota siap semua menerapkan E-Rekap,” katanya.
Hingga kini PKPU tentang E-Rekap belum dikeluarkan KPU RI namun saat ini KPU RI tengah mengolah PKPU ini.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Dibilang Lebay oleh Warga, Ini Penjelasan PLN Baturaja

Baturaja, BP–Manajer PLN Baturaja M Rasyid menyampaikan permohonan maaf atas pemadaman listrik tidak ada pemberitahuan ke masyarakat Ogan Komering Ulu ...