Home / Headline / RAPBD Sumsel 2020 Akhirnya Disahkan

RAPBD Sumsel 2020 Akhirnya Disahkan

BP/IST
Sempat mengalami tertunda atau deadlock berkali-kali di tahun lalu, akhirnya Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (RAPBD) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun anggaran (TA) Sumsel 2020 akhirnya disepakati dan disahkan bersama oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati dalam Rapat Paripurna VII DPRD Provinsi Sumsel pembicaraan tingkat II dengan agenda penyampaian laporan hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD Provinsi Sumsel terhadap Raperda APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2020 di ruang rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Kamis (23/1).

Palembang, BP
Sempat mengalami tertunda atau deadlock berkali-kali di tahun lalu, akhirnya Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (RAPBD) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun anggaran (TA) Sumsel 2020 akhirnya disepakati dan disahkan bersama oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati dalam Rapat Paripurna VII DPRD Provinsi Sumsel pembicaraan tingkat II dengan agenda penyampaian laporan hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD Provinsi Sumsel terhadap Raperda APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2020 di ruang rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Kamis (23/1).
Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Sumsel, Hj RA. Anita Noeringhati. Hadir juga Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Wagub Sumsel H Mawardi Yahya , FKPD Provinsi Sumsel, Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar, para Asisten, Staf Ahli Gubernur dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel.
Kesepakatan dan pengesahan tertuang dalam keputusan bersama yang ditandatangani Ketua DPRD Sumsel dan Gubernur Sumsel.
Sebelumnya pimpinan rapat, Ketua DPRD Provinsi Sumsel R.A Anita Noeringhati juga sudah meminta persetujuan secara lisan kepada peserta rapat yang hadir.

Baca:  Yulizar Legowo dan Dukung Joncik Sebagai Pemenang Pilkada Empat Lawang

Berdasarkan hasil pembahasan badan anggaran DPRD Sumsel bersama tim anggaran Pemerintah Provinsi sumsel , Raperda tentang APBD Sumsel tahun anggaran 2020 sebesar Rp10.648.152.635.823.30 dengan rincian:
1. PENDAPATAN
a.Pendapatan Asli Daerah Rp. 4.051.157.668.289,00.
b.Dana Perimbangan Rp. 6.238.603.629.984,00.
c.Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah Rp. 65.637.725.864 00.

Jumlah Pendapatan Rp. 10.355.399.024.137,00.

2. BELANJA
a. Belanja Tidak Langsung Rp. 6.537.011.918.748,30.
b. Belanja Langsung Rp 3.996.540.717.075 00.
Jumlah Belanja Rp. 10.533.552.635.823,30.
(Defisit) Rp. (178.153.611.686,30)

3. PEMBIAYAAN
a.Penerimaan Pembiayaan Rp. 292.753.611.686,30.
b.Pengeluaran Pembiayaan Rp. 114.600.000.000 00.

Baca:  402.416 pemilih potensial rekam data KTP-e

Pembiayaan Netto Rp. 178.153.611.686,30.
SILPA Tahun Berjalan NIHIL

Juru bicara Badan Anggaran DPRD Sumsel Mgs H Syaiful Padli ST MM mengatakan, ada beberapa saran yang harus menjadi perhatian Pemprov Sumsel dimana dalam menyusun anggaran harus mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selain itu dalam pengalokasian anggaran sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan sesuai dengan fungsi pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, APIP, peningkatan SDM dan lain lain.
Lalu mengutamakan pemenuhan standar pelayanan minimal sesuai dengan peraturan pemerintah No 2 tahun 2018, memperhatikan kesesuaian raperda APBD dengan RPJMD, RKPD serta KUA-PPAS.
“Memperhatikan asas pengelolaan keuangan daerah, tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawbab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, manfaat untuk masyarakat serta taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku (pasal 3, PP No 12 tahun 2019 tentang pengalokasian keuangan daerah,” kata Syaiful Padli.

Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj R.A Anita Noeringhati mengucapkan terima kasihnya pada Badan Anggaran DPRD Sumsel dan Tim TAPD Pemprov Sumsel yang melakukan penelitian dan pembahasan terhadap Raperda APBD Sumsel Tahun Anggaran 2020.

Baca:  Ratusan Prajurit Dan PNS Korem 044/Gapo Gelar Upacara Peringatan Ke-74 HUT Kemerdekaan RI

” Sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan penghargaan pada seluruh pimpinan dan anggota DPRD atas komitmen dan kerja keras menyelesaikan Raperda APBD Sumsel Tahun Anggaran 2020. Semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah dan mendapat Ridho dari Allah SWT,” katanya.

Menurut politisi Partai Golkar ini, penetapan ini merupakan tahapan akhir dari serangkaian tahapan dalam penyusunan APBD Provinsi Sumsel tahun 2020.

“Selanjutnya ini akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dievaluasi, sehingga pada saatnya dapat segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” katanya.
Gubernur Sumsel H Herman Deru menilai penetapan ini menurutnya memang sudah semestinya dilakukan karena sudah menjadi tanggungjawab pihak eksekutif dan legislatif.
” Yang jelas namanya APBD itukan memang tugas dan tanggungjawab eksekutif dan legislatif. Masing-masing pihak punya tanggungjawab terhadap lajunya penggunaan keuangan daerah baik pemasukan maupun pengeluaran dan rencana pembangunan. Hari ini telah selesai paripurna dan semua sudah disepakati. Sebenarnya poinnya tidak beda cuma pelaksnaaan. Sama tidak ada yang kurang dan tidak ada yang ditambahi,” jelas Herman Deru didampingi Wagub Mawardi Yahya.

Dengan telah disetujuinya APBD Sumsel ini HD berharap kerjasama antara DPRD dan Pemerintah Provinsi Sumsel semakin baik kedepan. Keakraban gang terjalin antara kedua belah pihak juga diharapkan ga dapat membawa Sumsel menjadi Provinsi yang lebih berkembang di Indonesia.

“Saya mengundang semua yang hadir untuk bersilaturahmi. Beda pendapat adalah hal yang lumrah sekali. Tapi kepentingan masyarakat adalah yang utama. Karena kita adalah lembaga yang paling bertanggungjawab untuk keadilan Sumsel. Karena itu mari kita bergandeng tangan membawa Sumsel yang lebih baik kedepan,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ASN dan Warga Muba di Bantaran Sungai Diakomodasi di Rusun

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza sangat memperhatikan betul kondisi dan kebutuhan warga Muba ...