Home / Headline / Inilah, Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu, Pengawal Pilkada OKU

Inilah, Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu, Pengawal Pilkada OKU

BP/IST
Calon Bupati OKU, Hj Sumaiyah saat menyalami anggota Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu

Palembang, BP

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang akan berlangsung pada 23 September 2020 mulai mendapat perhatian dari masyarakat. Kali ini, organisasi masyarakat (ormas) dari Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu membentuk satuan tugas (satgas) yang akan mengawal jalannya Pilkada agar berjalan aman dan kondusif.

Pembentukan Satgas Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu bertepatan dengan hari jadi ke-5 di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU, Kamis (23/1). Dalam puncak kegiatan tersebut, sedikitnya ada 100 orang mendapatkan pelatihan bela diri dari salah seorang atlet bela diri nasional. Pelatihan bela diri ini dibuka langsung oleh tokoh nasional asal Lengkiti, Dra Hj Sumaiyah MZ, MM.

Baca:  DPRD Sumsel Minta Gubernur Sumsel Tinjau Ulang Kebijakan 29 SMA di Sumsel Boleh Melakukan Pungutan

Pembina Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu, Sapriadi Syamsudin, SH MH menjelaskan, satgas ini merupakan satuan khusus bagian Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu di sektor keamanan terutama saat berlangsungnya Pilkada 2020 di Kabupaten OKU.

“Kehadiran satgas ini murni dari kehendak masyarakat yang ingin menciptakan kondisi aman selama Pilkada. Dengan peran aktif masyarakat ini sudah seharusnya didukung oleh semua elemen,” terangnya kepada palpres.com.

Masih kata Sapriadi, Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu ini merupakan ormas yang memiliki badan hukum serta bukan tumbuh saat adanya kontestasi politik semata. Namun, kehadiran satgas dengan semangat kedaerahan tersebut sebagai bukti kecintaan terhadap tanah kelahiran.

“Buktinya hari ini sudah berusia lima tahun dan memang murni dari keikutsertaan masyarakat dalam menjaga pilkada nanti agar tetap aman,” ujarnya.

Baca:  Pangeran Krama Jaya Dari Palembang (Catatan Walter Murray Gibson)

Sementara itu, pelatihan bela diri akan dilakukan secara masif dan berkelanjutan. Targetnya, ada sekitar 5.000 orang yang akan berpartisipasi dalam mengawal Pilkada melalui Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu. “Untuk kali ini baru 100 orang, namun targetnya nanti ada 5.000 orang yang akan dilatih bela diri secara masif oleh atlet bela diri nasional,” sebut Sapriadi.

Lebih jauh dia menjelaskan, masyarakat yang akan bergabung dalam organisasi masyarakat ini bukan hanya berasal dari Kecamatan Lengkiti, namun akan meluas ke sejumlah kecamatan lainnya dalam wilayah Kabupaten OKU.

“Keberadaan Satgas Barisan Lengkiti Bersatu ini sebagai upaya perwakilan masyarakat dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif selama kontestasi politik berlangsung. Pilkada itu bukan menciptakan suasana yang tegang dengan saling teror, kemudian provokasi yang membuat OKU tidak kondusif, satgas ini murni untuk mengamankan Pilkada,” ujarnya.

Baca:  Pahlawan Daerah Asal Sumsel Banyak Tidak Terangkat Ke Permukaan

Bukan itu saja, Satgas Barisan Lengkiti Bersatu juga akan mengawal Pilkada OKU dari money politics atau ada kelompok yang menggalangkan massa Aparatur Sipil Negara (ASN). “JIka ada oknum yang ingin berbuat curang, maka akan berhadapan dengan Satgas Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu. Untuk kekuatan satu orang satgas sama dengan 10 orang, mereka kita latih bela diri, tenaga dalam dan ilmu kebatinan,” terangnya.

Tokoh nasional asal Lengkiti, Hj Sumaiyah MZ, MM menyambut baik adanya peran serta masyarakat dalam menjaga keberlangsungan Pilkada nanti. Dengan keikutsertaan masyarakat secara mandiri ini membuktikan agar selama Pilkada bisa berlangsung kondusif.

“Mereka secara sadar dan tanpa paksaan ikut membantu keamanan selama Pilkada. Hal ini positif dan harus didukung,” katanya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ASN dan Warga Muba di Bantaran Sungai Diakomodasi di Rusun

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza sangat memperhatikan betul kondisi dan kebutuhan warga Muba ...