Home / Headline / LaNyalla Shalat Dzuhur di Rumah Pengasingan Soekarno

LaNyalla Shalat Dzuhur di Rumah Pengasingan Soekarno

Ketua DPD RI Lanyalla di belakang rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu.

Bengkulu, BP–Kunjungan hari kedua Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bersama rombongan di Provinsi Bengkulu diisi beberapa kegiatan. Mulai dari meninjau Pelabuhan Pulau Baai hingga dialog dengan pengusaha yang tergabung dalam KADIN, IWAPI dan HIPMI, hingga mampir ke Yayasan Pendidikan Najamuddin.
LaNyalla jugs menyempatkan diri mampir ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu, untuk melaksanakan shalat Dzuhur. “Saya sempatkan napak tilas perjalanan perjuangan beliau di Bengkulu. Kebetulan waktu Dzuhur, shalat sekalian di rumah bersejarah ini,” ujar LaNyalla di Kota Bengkulu, Selasa (21/1).
Setelah melihat foto serta koleksi milik Bung Karno, LaNyalla menuju halaman belakang rumah berarsitektur perpaduan Eropa dan Cina itu.
LaNyalla kemudian menuju kamar Bung Karno untuk menggelar sajadah dan shalat.
Belum usai LaNyalla mengucap salam di akhir shalat, hujan lebat mengguyur provinsi berjuluk ”Bumi Rafflesia’ itu.
Seperti diketahui, di rumah tersebut terdapat barang-barang peninggalan Soekarno. Mulai dari 300-an buku berbahasa Belanda yang ada di ruang kerja Bung Karno, juga 120 pakaian pentas sandiwara Monte Carlo, lalu 22 koleksi foto, dan tempat tidur. Juga satu sepeda ontel, satu set kursi di ruang tamu, lemari makan, surat cinta Bung Karno untuk Fatmawati dan meja rias yang terdapat di kamar Bung Karno.
Rumah itu sendiri dibangun oleh seorang pedagang bahan bangunan kebangsaan Cina, Tjang Tjeng Kwai, pada tahun 1918. Setelah Indonesia merdeka, rumah tersebut pernah dijadikan markas perjuangan PRI, rumah dinas AURI, stasiun RRI, dan kantor pengurus KNPI Dati I dan II. Hingga tahun 1994 ditetapkan sebagai bangunan Cagar Budaya.#duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ASN dan Warga Muba di Bantaran Sungai Diakomodasi di Rusun

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza sangat memperhatikan betul kondisi dan kebutuhan warga Muba ...