Home / Headline / Di Pilkada OI, Elektabilitas Ahmad Wazir Noviadi Mawardi Ungguli Ilyas Panji Alam

Di Pilkada OI, Elektabilitas Ahmad Wazir Noviadi Mawardi Ungguli Ilyas Panji Alam

BP/DUDY OSKANDAR
Direktur Riset Charta Politika Muslimin ketika mengumumkan hasil survei lembaganya di lantai III Hotel The Zuri, Palembang, Minggu (5/1) malam.

Palembang, BP–Survei Charta Politika terbaru menunjukkan hasil adanya kecenderungan menguatnya posisi politik Ahmad Wazir Noviadi Mawardi dari beberapa variabel dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Ilir (OI) September 2020 mendatang.

Direktur Riset Charta Politika Muslimin mengatakan, untuk elektabilitas tokoh (terbuka) Ahmad Wazir Noviadi Mawardi 20,3 persen dan petahana yang kini menjabat sebagai Bupati OI Ilyas Panji Alam dengan 10,5 persen. Elektabilitas tokoh (tertutup) tertinggi diraih Ahmad Wazir Noviadi Mawardi 36,0 persen, sedangkan Ilyas Panji Alam 24,3 persen. Sementara untuk elektabilitas tokoh delapan nama tetap dipegang Ahmad Wazir Noviadi Mawardi 41,3 persen dan Ilyas Panji Alam hanya 26,8 persen,  untuk elektabilitas  empat nama Ilyas Panji Alam tetap unggul dikisaran 43,3 persen dan Ilyas Panji Alam dengan 30.3 persen dan untuk elaktabilitas tokoh dua nama Ahmad Wazir Noviadi Mawardi meraih 48,8 persen dan Ilyas Panji Alam meraih 33,5 persen,”  kata Muslimin ketika mengumumkan hasil survei lembaganya di lantai III Hotel The Zuri, Palembang, Minggu (5/1) malam.

Survei terbaru Charta Politika ini berlangsung dari tanggal 18  hingga 22 Desember 2019. Survei mengambil responen 400 responden minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.

Baca:  Dodi-Giri Berpotensi Memenangkan Pilgub Sumsel

Metodologi survei menggunakan wawancara tatap muka dengan multistage random sampling. Margin off error sekitar 4,9  persen.

Walaupun dari sisi pengenalan Ilyas Panji Alam meraih 95,8 persen dan sisi  kesukaan sekitar 92,7 persen sedangkan Ahmad Wazir Noviadi Mawardi hanya sisi pengenalan 92,0 persen  dan sisi kesukaan 96,7 persen.

Namun dari sisi tokoh paling dikenal Ahmad Wazir Noviadi Mawardi melejit di kisaran 39,8 persen meninggalkan Ilyas Panji Alam yang hanya meraih 27,5 persen. Begitu pula dengan  tokoh paling disukai posisi Ahmad Wazir Noviadi Mawardi tertinggi dengan 39,0 persen dan Ilyas Panji Alam di 24,0 persen.

Untuk kemantapan pilihan 50, 3 persen pilihan masih bisa berubah dan 37,0 persen pilihan sudah mantap dan 12,8 persen pemilih tidak tahu.

Menariknya menurut Muslimin saat ditanyakan soal apakah saudara akan memilih atau tidak calon bupati Ogan Ilir yang didukung oleh Mawardi Yahya yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumsel,  sekitar 54,3 persen responden menjawab ya , 11,00 persen tidak akan memilih dan 34,8 persen menjawab tidak tahu.

Hal ini didukung dengan pertanyaan mengenai kinerja Mawardi Yahya yang menjabat dua periode Bupati OI yang sekitar 64,3 persen menjawab cukup puas, 24,8 persen menjawab sangat puas, 7,5 persen menjawab kurang puas, 0,5 persen menjawab tidak puas dan 3.0 persen yang menjawab tidak tahu.

Baca:  Warga Banyuasin Tertangkap Bawa Sajam di Gandus

Di sesi pertanyaan jika dibandingkan antara kepemimpinan Bupati Mawardi Yahya dan Bupati M. Ilyas Panji Alam. Pada masa kepemimpinan siapakah, Bapak/Ibu/Saudara merasakan perubahan/kemajuan pembangunan di Kabupaten Ogan Ilir? sekitar 74,0 persen responden menjawab ya untuk Mawardi Yahya  dan Ilyas Panji hanya 16,8 persen dan 9,3 yang menjawab tidak tahu.

Disamping itu untuk kinerja pemerintahan Kabupaten OI yang dipimpin Ilyas Panji Alam ada 54, 3 persen responden yang jawab cukup puas, 5,8 persen sangat puas, 34,0 persen yang  kurang puas, 3,0 persen yang menjawab tidak puas sama sekali, 3,0 persen yang menjawab tidak tahu.

“Biasanya dalam survey yang kita lakukan petahana cenderung lebih tinggi dari penantang, ketika survei dilakukan jauh-jauh hari, artinya kinerja sudah menunjukkan kinerjanya selama  4 tahun lebih  dan dari sisi popularitas jauh lebih dikenal dari penantang, tapi berbeda di Ogan Ilir karena ada nama Ahmad Wazir Noviadi Mawardi yang pernah menjabat Bupati OI sehingga memiliki modal sosial politik tinggi,” katanya.

Selain variabel yang bisa mempengaruhi Pilkada OI kedepan nama Mawardi Yahya yang sebelumnya menjabat bupati OI dua periode ternyata ketika diuji ada 64,3 persen akan memilih calon yang didukung Mawardi Yahya.

“Isu muda dianggap cukup penting dimana angkanya hampir 60 persen yang mengatakan usia muda penting, ini menguntungkan calon muda seperti Ahmad Wazir Noviadi Mawardi dan Panca W Akbar Mawardi yang akan maju  dimana keduanya cukup berpotensi untuk melawan petahana  Ilyas Panji Alam,” kata Muslimin.

Baca:  Prajurit TNI dan PNS Kodam II Sriwijaya Ikuti Jalan Sehat  

Mengenai Ahmad Wazir Noviadi Mawardi pernah tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba dan direhabilitasi, menurutnya kasus tersebut tidak mempengaruhi elektabilitas Ahmad Wazir Noviadi Mawardi karena kalau kasus tersebut cukup mempengaruhi dirinya yakin elektabilitas Ahmad Wazir Noviadi Mawardi tidak sampai 44 persen.

“Kasus ini tidak cukup berpengaruh ke publik,” katanya.

Selain itu dia melihat dari survei yang dilakukan pihaknya  ada potensi 40 persen yang agak sulit memilih Ilyas Panji Alam.

” Sebagai petahana ketika orang tidak puas terhadap kinerjanya maka dia akan mencari figur lain kemudian orang yang sudah puas sekitar 60 persen itu belum tentu juga memilih ketika ada calon  yang lebih baik, lebih populer bisa jadi mereka bisa berpindah pilihan, itulah yang membuat pak Ilyas Panji yang angka elektabilitasnya agak rendah bahkan kalah dengan pak Noviadi,” katanya.

Menanggapi hasil survei Charta Politika  tersebut Bendahara DPD PDIP Sumsel Ir H Yudha Rinaldi menilai hasil survei Charta Politika tersebut sebagai survey pembanding bagi pihaknya dan itu dinilainya sebagai survei awal dari Charta Politika dimana PDIP Sumsel masih yakin  Ilyas Panji Alam sebagai incumbent masih unggul di Pilkada OI September 2020 mendatang.

“Kami juga ada  beberapa survei internal yang dalam minggu-minggu akan segera dipresentasikan hasilnya,” katanya.#hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kapolda Sumsel Ambil Sumpah Peserta Calon Seleksi Dibangum Polri TA 2020

Palembang, BP Kapolda  Sumatera Selatan (Sumsel)  Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., mengambil Sumpah dan melaksanakan Penadatangan Fakta Integritas Seleksi ...