Home / Headline / 106 Personel Satgas Diterjunkan, Buru Harimau Hidup-hidup

106 Personel Satgas Diterjunkan, Buru Harimau Hidup-hidup

Sekda Muaraenim memimpin rapat persiapan pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Konflik Manusia dan Satwa Liar (Harimau) di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda.

Muaraenim, BPPenanganan konflik manusia dan satwa liar harimau di wilayah Kabupaten Muaraenim memaksa pemerintah setempat membuat satuan tugas (satgas) khusus. Tim satgas pemburu si raja rimba ini berisikan sedikitnya 106 personel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muaraenim Ir Kurmin menjelaskan, untuk mengatasi konflik ini, saat ini ada sekitar 106 orang terdiri dari 52 orang (Tim Satgas Kabupaten Muaraenim) dan 54 orang dari BKSDA.

“Satgas ini dibagi menjadi dua tim dan masing-masing tim akan ngepos di Semende dan Bedegung, kemudian untuk kendaraan operasional sudah kita siapkan dua unit, intinya kita sudah siapkan semua,” kata Kurmin saat rapat persiapan pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Konflik Manusia dan Satwa Liar (Harimau) di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda, Kamis (2/1/).

Kurmin mengatakan, personel satgas dibekali sejumlah peralatan untuk mencari jejak dan menangkap harimau. Hal ini sesuai instruksi Gubernur Sumsel  dan arahan Menteri Kehutanan, harimau tersebut akan ditangkap hidup-hidup bukan dibunuh.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaraenim H Hasanudin menegaskan kepada semua pihak yang tergabung dalam Tim Satgas harus peduli dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas serta selalu berkoordinasi dengan satu arahan dalam mengatur strategi untuk menangani konflik manusia dan harimau ini.

“Harapan kita tim satgas berhasil menangkap harimau ini guna untuk memberikan keamanan dan ketenangan serta kepercayaan diri masyarakat kita dalam beraktifitas seperti biasanya akan tercapai,” ujar Sekda.

Sekda juga meminta kepada kita semua terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaraenim untuk meningkatkan kesigapannya karena bukan hanya untuk antisipasi teror harimau, tetapi membantu membackup bencana alam lainnya, karena sekarang masuk musim penghujan yang berakibat banjir dan rawan longsor.

“Kita juga mendapat dukungan dari Ketua Forum Kades Semende dan Forum Masyarakat Semende bahwa mereka siap membantu terkait informasi-informasi mengenai konflik ini ataupun membantu dalam hal lainnya,” ucapnya.#nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Yudha Bule dan Chandra Wijaya Ambil Formulir Calon Ketua Karang Taruna Sumsel

Palembang, BP Jelang pelaksanaan Pemilihan Ketua Karang Taruna Sumsel masa bakti 2020-2025, yang hari ini memasuki hari kedua pendaftaran mulai ...