Home / Headline / Pangdam II Swj Pimpin Upacara Hari Jadi Korps Infanteri Ke 71

Pangdam II Swj Pimpin Upacara Hari Jadi Korps Infanteri Ke 71

BP/IST
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun korps senapan silang, infanteri kodam II/swj menyelenggarakan upacar yang bertempat di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang Jl. Sultan Mahmud Badarudin Kel. 19 Ilir Kec. Bukit Kecil Kota Palembang, Kamis (19/12).Kegiatan Upacara Hari Infanteri Ke-71 Tahun 2019 mengangkat thema  “Bersama Rakyat Infanteri Kuat”

Palembang, BP

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun korps senapan silang, infanteri kodam II/swj menyelenggarakan upacar yang bertempat di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang Jl. Sultan Mahmud Badarudin Kel. 19 Ilir Kec. Bukit Kecil Kota Palembang, Kamis (19/12).Kegiatan Upacara Hari Infanteri Ke-71 Tahun 2019 mengangkat thema  “Bersama Rakyat Infanteri Kuat”

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Mayjen TNI Irwan, S.IP, M.Hum Pangdam II/Swj, Komandan Upacara Letkol Inf Erwan Susanto, S.IP Danyon Raider 200/BN,  Perwira Upacara Mayor Arm Sukadis dan personil lainnya yang telah ditunjuk.

Turut hadir   Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, MM selaku Kapolda Sumsel, Gubernur Sumsel diwakili oleh DR. H. Ahmad Najib, SH, M.Hum Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan, Brigjen TNI Syaftial, Psc, M.Tr (Han) Kasdam II/Swj, Kabinda Sumsel diwakili oleh  Letkol Cpl Gusra Muttaqin Korwil VI Binda Sumsel, Kajaksaan Tinggi Sumsel diwakili oleh Asintel Bpk. Dedi Suwardi, Kolonel Pnb Firma Wirayudha, S.T, M.S.Oc,Sc Danlanud SMH Palembang,  Kolonel Laut (P) Saryanto Danlanal Palembang, Irdam II/Swj, Asrendam II/Swj, Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten Kasdam II/Swj dan Para Dan/Ka Balakdam II/Swj, Para Danrem 041 s/d 045,Darindam II/Swj, Para Danyon Satpur dan Satbanpur Jajaran Kodam II/Swj, Para Pejabat Utama Polda Sumsel, H. Aris Saputra, S.Sos, M.Si Kasat Pol PP Prov. Sumsel, H. Iwan Darmawan, SH Ketua FKPPI Kota Palembang beserta tamu undangan lainnya.

Baca:  Balakdam II Swj Juara Tournamen Sepak Bola Antar Satuan Kodam II Swj

Dalam sambutannya Pangdam II/Swj membacakan amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri yang isinya sebagai berikut : Selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri dan pribadi mengucapkan Selamat Hari Infanteri Tahun 2019 kepada segenap prajurit Korps Infanteri beserta keluarga dimanapun berada dan bertugas, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan Korps Infanteri dalam mengharumkan nama baik Korps Infanteri dan mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Baca:  Desak Pemkot Bertindak Tegas Soal Hotel Ibis

Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi Agresi Militer Belanda ll tanggal 19 Desember 1948, dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan Perintah Kilat No. 1/PB/D/1948 dan menjalankan Perintah Siasat No. 1/1948 tanggal 12 Juni 1948, dengan melaksanakan Perang Rakyat Semesta, pasukan yang hijrah melaksanakan aksi Wingate (Infiltrasi) dengan cara Long March kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk Wehrkreise (kantong-kantong kekuatan) sebagai titik-titik kuat pertempuran gerilya.

“Dari peristiwa tersebut kita mendapatkan nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, nilai kejuangan, profesionalisme keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit infanteri, sesuai dengan tema Hari Infanteri tahun ini yaitu: “Bersama Rakyat Infanteri Kuat” katanya.

Tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan infanteri yang tangguh, profesional, modern serta memancarkan semangat untuk senantiasa memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Saya berharap tema tersebut kita jadikan sebagai komitmen bersama untuk benar-benar dipahami dan dihayati serta diimplementasikan melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten, sesuai dengan peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat,” katanya.

Baca:  Garda Api Tuding Pjs Walikota Telah Melampaui Kewenangan

Tantangan tugas ke depan semakin kompleks dan dinamis, respons dalam menyikapi hal tersebut telah direalisasikan secara bertahap, dengan melakukan transformasi dan modernisasi alutsista infanteri guna memberikan semangat baru, oleh karena itu mari kita mantapkan langkah guna mewujudkan infanteri yang maju, modern dan berkelas dunia, dengan berbuat yang terbaik. berani, tulus dan ikhlas.

“Melalui kesempatan yang baik ini, selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah serta seluruh komponen bangsa yang telah memberikan kepercayaan, dukungan, bantuan dan kerjasamanya dengan seluruh satuan infanteri jajaran TNI AD di manapun berada dan bertugas. “Dirgahayu ke-71 Infanteri TNI AD”. Katanya.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan. petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam mempersembahkan darma bakti terbaik. demi tetap tegaknya NKRI yang sangat kita cintai. Demikian Pangdam II/Swj mengakhiri amanat yang dibacakannya.

Usai kegiatan Upacara Hari Infanteri Ke-71 Ta 2019, para peserta upacara dan tamu undangan disuguhkan penampilan display Drum Band Canka Sriwijaya dan acara ramah tamah serta Hiburan dari Grup Band Ajendam II/Swj.#osk

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Banjir Bandang di Empat Lawang Putuskan Dua Jembatan

Palembang, BP Dua jembatan di Kabupaten Empat Lawang, putus akibat diterjang banjir bandang, Sabtu, (25/1) . Dua jembatan tersebut berada ...