Home / Headline / Najwa Shihab Siap Bantu Tingkatkan Minat Baca di Muba

Najwa Shihab Siap Bantu Tingkatkan Minat Baca di Muba Najwa Shihab Dapat Oleh-oleh Gambo Muba dari Thia Yufada

Najwa Shihab selaku Duta Baca Indonesia mengisi talkshow interaktif literasi digital bersama Ketua TP PKK Muba Thia Yufada dan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional RI, Drs Woro Titi Haryanti, MA.

Sekayu, BP–Upaya meningkatkan minat baca atau menggalakkan literasi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus digencarkan. Langkah ini mendapatkan respon bagus dari banyak pihak. Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, secara khusus menyanggupi ikut meluaskannya. Najwa hadir langsung ke Sekayu, Musi Banyuasin mengisi talkshow interaktif literasi digital. Najwa, Duta Baca Indonesia, juga ikut me-launching majalah literasi arsip berjaya dan launching Aplikasi i-Muba di Opprom Pemkab Muba, Kamis (12/12/2019).

Anchor talkshow terpopuler ini takjub dan kagum dengan upaya Bupati Muba Dodi Reza bersama Ketua TP PKK Muba Thia Yufada yang intensif serta gencar meningkatkan minat baca.

Baca:  Replanting Sawit Capai 6.000 Hektar, Perusahaan Bangun Pabrik

“Baru di Muba ini saya perhatikan sangat serius meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik. Saya apresiasi pembentukan Duta Baca hingga ke pedesaan,” ujar Najwa di hadapan ribuan audiens talkshow.

Menurutnya, di era saat ini di mana teknologi terus berkembang, bukan perkara mudah meningkatkan minat baca buku di kalangan anak-anak peserta didik. “Namun, saya lihat Pak Bupati dan Ibu Thia punya jurus jitu untuk menghadapi itu semua. Saya pun kagum dengan upaya-upaya yang telah dilakukan. Prinsipnya saya siap bantu Ibu Thia dan Bupati Dodi Reza untuk all out terus meningkatkan minat baca di Muba ini,” ucapnya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex mengungkapkan Pemkab Muba mendapatkan suatu kehormatan dengan kedatangan Najwa Sihab di Kabupaten Muba. Biasanya kita selalu melihatnya di stasiun televisi kini kita mendatangkannya secara langsung ke Kabupaten Muba.

Baca:  Dodi Reza Alex Dianugerahi Warga Kehormatan Brimob Polri

“Dahulu sewaktu saya di DPR RI saya sempat diwawancara oleh Mbak Nana (Najwa Shihab). Beliau ini merupakan sosok yang smart, kita berharap kecerdasan Mbak Nana bisa menular di siswa dan siswi di Kabupaten Muba,” kata Dodi.

Lanjutnya, ada sekitar 76 duta baca siswa yang ada di Kabupaten Muba saya percaya dengan banyaknya duta baca semakin meningkatkan tingginya minat baca di Kabupaten Muba.

“Kalau bicara tentang literasi digital tentunya kita harus bisa melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan minat baca anak-anak, sehingga anak-anak bisa memahani informasi yang baik dan benar. Pesan kami terhadap anak-anak yang menjadi duta baca, tuangkan kemampuan kalian terhadap anak-anak yang lainnya dan sekolah lainnya,” jelasnya.

Baca:  Sambut Pergantian Tahun di Muba, Dodi Reza Gelar Zikir Bersama Pagi dan Malam

Khusus soal literasi ini, kedatangan Najwa punya maksud khusus bagi Muba. “Ujian Nasional (UN) digelar terakhir kali 2020. Pada 2021 UN diganti dengan assessment berbasis kompetensi. Salah satu mateeinya adalah literasi. Nah makanya menindaklanjuti rencana Pak Menteri Nadim Makarim, Muba bersiap. Kita datangkan Najwa. Kenapa? Dengan membaca, maka akan merangsang kemampuan siswa. Potensi siswa akan terekspos. Muba siap menyambutnya,” kata Dodi.

Ketua TP PKK Muba Thia Yufada yang juga sebagai Bunda Baca Muba mengatakan saat ini bukan hanya menumbuhkan minat baca lagi tapi bagaimana supaya anak-anak paham apa yang dibaca. “Bagi saya saat ini bukan hanya menumbuhkan minat baca lagi, tapi saya harap anak-anak itu sudah paham apa yang mereka baca,” ungkap mantan Presenter Metro TV tersebut.

Diketahui, selain Najwa Shihab turut hadir menjadi pemateri pada talkshow tersebut yakni Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional RI, Drs Woro Titi Haryanti, MA.#arf

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Suami di Bui, Istri Dilaporkan Selingkuh

Palembang, BP KA (60) warga Kelurahan 12 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang melaporkan menantunya ke Sentra Kepolisian Terpadu ...