Home / Headline / Urgensi Ujian Nasional Bukan Hanya Mengejar Nilai Tapi Juga Integritas

Urgensi Ujian Nasional Bukan Hanya Mengejar Nilai Tapi Juga Integritas

Suasana ujian di salah satu SMP negeri di Pslembang.

Palembang, BP–Jelang Ujian Nasional yang akan dimulai sekitar bulan April 2020 mendatang berbagai persiapan telah dilakukan. Mulai dari kesiapan sarana dan prasarana sekolah, hingga kesiapan kompetensi siswa.

Pola persiapan ini pun terus dilakukan secara rutin baik sekolah maupun siswa yang akan menjalani Ujian Nasional (UN). Namun banyak yang lupa bahwa ada hal yang juga urgen dan sangat penting dalam UN yakni integritas.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto, Rabu (11/12).

Baca:  Pengumuman Hasil UN SMP, 10 Juni

“Satu hal yang penting dalam proses UN adalah tentang integritas dan itu bisa dinilai dengan cara kerja keras dan tidak gotong royong dalam arti mencontek, apalagi dibantu guru, itu saja,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa penanaman nilai integritas tersebut dapat menjadi bagian membentuk moral antikorupsi sejak dini. Menurut dia, melalui UN, para siswa belajar untuk berusaha keras menyelesaikan soal dengan belajar.

Zulinto menyatakan, UN tak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan bagi siswa karena tak lagi menjadi penentu kelulusan.

Meski begitu, lanjut Zulinto, siswa tetap dituntut untuk mengerjakan soal UN dengan baik.

Baca:  Scanning LJUN Dilakukan 24 Jam

“Jadi UN ini kan merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun, jadi semua persiapan sudah terlaksana sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan.”

Permasalahan apa sekolah bisa melaksanakan UNBK semua, menurut Zulinto, tergantung berapa banyak kita menyediakan dan berapa banyak untuk dipinjam atau disewa.

“Tetapi kita tetap melaksanakan Ujian Nasional secara UNBK demi obyektivias pelaksanaan ujian nasional, persiapan dirasakan cukup,” ujarnya.

Mengenai masalah dana, Zulinto mengatakan, UNBK ini bisa dilaksanakan bagi sekolah yang benar-benar memiliki dana dan prasarana yang lengkap, dan bagi sekolah yang memang belum memiliki dana dan fasilitas yang belum memumpuni boleh-boleh saja melaksanakan Ujian Nasional Berbasis kertas (UNKP).

Baca:  Scanning LJUN Dilakukan 24 Jam

”Pelaksanaan UNBK dan pelaksanaan UNKP semua tak ada masalah. Hanya yang menjadi masalah bagaimana mendidik anak-anak didik kita agar memiliki integritas, juga termasuk sekolah, kalau sekolah sudah berintegritas tidak akan ada pikiran takut sekolahnya jelek kalau nilai UN kecil. Saya rasa tidak ada masalah bagi sekolah yang melaksanakan UNBK dengan menggunakan komputer untuk melatih karakter anak dan melatih kejujuran anak menjadi hal yang baik, begitu juga UNKP,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bertambah, 25 ODP Diduga Terpapar Virus Corona di Ogan Ilir

Inderalaya, BP–Semakin hari bukannya makin berkurang, jumlah orang dalam pengawasan (ODP) bertambah menjadi 25 orang di Kabupaten Ogan Ilir (OI). ...