Home / Headline / Selain Guru, Disdik Palembang Ajak Sukseskan Anak Lewat Kepedulian Orangtua

Selain Guru, Disdik Palembang Ajak Sukseskan Anak Lewat Kepedulian Orangtua

Suasana pembukaan Sarasehan ‘Peningkatan Kapasitas Orangtua tingkat PAUD/TK,SD, SMP se Kota Palembang’ di Aula Disdik Kota Palembang.

Palembang, BP–Tak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan seorang anak juga tak hanya ditunjang dari peran guru di sekolah tapi juga orang tua di rumah.

Para orang tua tentu sangat mendambakan memiliki anak yang cerdas, sukses serta memiliki karakter keprubadian yang baik. Keberhasilan pendidikan anak juga sangat tergantung dari peran dan perhatian orang tuanya.

“Kepedulian orang tua kunci keberhasilan anak,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto saat membuka acara sarasehan peningkatan kapasitas orangtua tingkat PAUD/TK,SD, SMP se Kota Palembang, di Aula Disdik Kota Palembang, Selasa (10/12).

Kegiatan yang digelar Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga dan Direktorat Jenderal Pendidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dihadiri oleh perwakilan para orangtua tingkat PAUD/TK.

Zulinto mengatakan keterlibatan peran orangtua dalam mendukung pendidikan anak sangatlah penting.

“Orangtua menjadi kunci keberhasilan seorang anak. Peran orangtua adalah utama. Guru peran berikutnya dari pada pembinaan anak di keluarga kita,” jelasnya.

Lanjutnya, orang tua memiliki waktu yang lebih lama untuk berinteraksi dengan anak- anak dibandingkan guru. Karena itu peran orangtua ini sangat penting dalam membentuk karakter anak.

“Kalau guru ketemu sama anak hanya sekita 7 hingga 8 jam. Sisanya banyak dengan orangtua inilah yang harus diperhatikan oleh orangtua,” jelas dia.

Ia mengatakan di zaman era digital ini peran orangtua sangatlah besar. Orangtua dituntut dapat menjadi contoh, panutan bagi anak-anak untuk dapat meniru hal-hal yang baik.

“Orangtua juga harus bisa menjadi contoh, motivator, pembimbing bagi anak. Karena anak mau dijadikan baik buruk tergantung dari orangtua, ” jelas dia.

Perwakilan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Siti Jaenab mengatakan sarasehan ini digelar untuk memberikan motovasi dan meningkatkan kapasitas peran orangtua terhadap anak.

“Tujuannya kita inginkan bagaimana anak ini dapat berkembang dengan baik sesuai dengan perkembangannya,” jelas dia.

Apalagi saat ini era sudah digitalisasi, peran orangtua memang sangat penting dalam tumbuh kembang anak ini.
“Jadi orangtua bukan hanya melepas anak disekolah saja tapi bagaimana keterlibatan orangtua dalam sekolah saat dia semesteran sehingga tidak melepas hanya di sekolah saja,” ungkap dia.

Ia berharap melalui kegiatan ini kapasitas orangtua dalam tumbuh kembang anak terutama dalam dunia pendidikan. “Masa depan anak tak lepas dari peran keluarga. Dengan pola pengasuhan yang baik, kasih sayang dan keluarga yang harmonis, anak akan meraih kesuksesan pada masa depan,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jelang Pilkada PALI, Kader Golkar Diminta Jaga Soliditas

PALI, BP–Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten PALI, Ketua DPD Partai Golkar kabupaten PALI Irwan, ST meminta kader Golkar ...