Home / Headline / Inilah  Peraih Anugrah Batang Hari Sembilan 2019

Inilah  Peraih Anugrah Batang Hari Sembilan 2019

BP/DUDY OSKANDAR
Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) memberikan penghargaan terhadap pelaku seni dan dua Kabupaten Kota di Sumsel yang diketahui saat belangsungnya acara refleksi seni 2019, anugrah Batang Hari Sembilan di ball room hotel Swarna Dwipa, Senin (9/12) malam.

Palembang, BP

Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) memberikan penghargaan terhadap pelaku seni dan dua Kabupaten Kota di Sumsel yang diketahui saat belangsungnya acara refleksi seni 2019, anugrah Batang Hari Sembilan di ball room hotel Swarnadwipa, Senin (9/12) malam.

Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) Syahril Erwin mengatakan, pihaknya panitia menyampaikan rasa terima kasih atas waktu para tamu yang menyempatkan diri hadir. “DKSS ada dan hadir tak hanya pemikir, tapi mengembangkan dan pelaksana kesenian di Sumsel dimana salah satu program yakni anugrah seni malam ini,” ucapnya.

“Pemberian anugrah seni kami berikan kepada pihak pemerintah Kabupaten Kota di Sumsel tak hanya kepada para pelaku seni, kedepan harapan agar lebih memajukan kesenian yang ada di Sumsel ini,” katanya.

Pria yang akrab disapa Yayak ini menilai meski DKSS dapat anggaran sedikit namun pihaknya tetap bersyukur telah mendapatkan anggaran dari APBD dan berharap agar tidak ditinggalkan dalam hal anggaran. “Kami yakin pak Wagub dan pemerintah memikirkan kesenian,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DKSS Surono, menambahkan ada satu Kabupaten dan satu Kota di Sumsel yakni Kabupaten Banyuasin dan Kota Prabumulih medapatkan anugrah atau penghargaan dari pihaknya.

“Prabumulih meraih Kusala Batanghari Sembilan 2019 atas kepedulian Walikotanya seperti telah menerbitkan Perda Kota Prabumulih no 5 tahun 2015 tentang budaya tradisional kota tersebut, berdirinya tempat kesenian, mendirikan gedung tempat latihan seniman, memberikan umroh bagi seniman setiap tahun, dan kendaraan bagi para seniman,”  katanya.

“Kemudian untuk Kabupaten Banyuasin, mendapatkan Anugerah Kusula Batanghari Sembilan 2019, atas pengembangan sastra tutur dan tari tradisional sebagai warisan budaya masyarakat asli Banyuasin, dan juga pengembangan kesenian pendatang di Kabupaten tersebut,” katanya.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mewakili pemerintah Sumsel dalam sambutannya mengatakan, semua kelompok, komunitas ataupun individu pastilah ada seninya. “Kami ucapkan selamat atas yang telah menerima penghargaan, terlebih lagi kepada pihak pemerintah yang ada di Sumsel yang berkomitmen peduli kesenian,” katanya.

Selain penerima Anugrah Kusula Batanghari Sembilan 2019, DKSS juga memberikan Anugrah kepada seniman yakni dalam kategori karya, A. Hernawan seni rupa, Latifah Amaliyah seni tari, Imron Supriadi seni sastra, Febri Irwansyah seni teater, Jimmie Dalvian seni musik, Yan Romain Hamid seni audio visual,  dan kategori non karya yakni Kgs. Wirawan pelestari wayang kulit Palembang serta Alm. Dahyat Fahlevi (Dadan) atas dedikasinya terhadap seni.#osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

OKU Jadi Tempat Offroad

Baturaja, BP–Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten OKU Slamet Riyadi melepas rombongan Baturaja Explore Expedition Kabupaten Ogan Komering ...