Home / Headline / Pese UIN Raden Fatah Gelar Seminar Karya Tulis Ilmiah “Mengembangkan Minat Karya Tulis Ilmiah di Era Milenial”

Pese UIN Raden Fatah Gelar Seminar Karya Tulis Ilmiah “Mengembangkan Minat Karya Tulis Ilmiah di Era Milenial”

BP/IST
Komunitas Pecinta Sejarah (Pese) UIN Raden Fatah Palembang menggelar seminar karya tulis ilmiah bertemakan “Mengembangkan Minat Karya Tulis Ilmiah di Era Milenial” . Dan sekaligus Pengenalan Kepengurusan baru , di lantai III, Fakultas Dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah, Palembang, Sabtu (7/12).

Palembang, BP

Komunitas Pecinta Sejarah (Pese) UIN Raden Fatah Palembang menggelar seminar karya tulis ilmiah bertemakan   “Mengembangkan Minat Karya Tulis Ilmiah di Era Milenial” . Dan sekaligus Pengenalan Kepengurusan baru , di lantai III, Fakultas Dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah, Palembang, Sabtu (7/12).

Dalam acara  yang menjadi moderator  Kemas A.R. Panji, S.Pd., M.Si (Jurnalis, Sejarawan, Dosen dan Penulis Buku), sedangkan pemateri  Arafah, S.Pd (Seorang Penulis, Dan Pengurus GGS (Gerak Gerik Sejarah) , Otoman, M.Hum ( Dosen UIN, Sejarawan dan Penulis Buku) dan Eko B. Prasetyo, S.T  ( Penulis Buku : Djedjak Palembang Tempoe Doeloe Periode 1945-1950 )

Baca:  Terkait Kasus Mutilasi di Ogan Ilir, Polisi Sudah Kantongi Bukti

Arafah Pramasto, SPd  (Seorang Penulis, Dan Pengurus GGS (Gerak Gerik Sejarah) tampil dengan tema, “Study Club Gerak  Gerik Sejarah sebagai wadah Gerakan Sosial Literasi, dia  menguraikan mengenai pengalaman penulisan konten sejarah lokal maupun keislaman”, dan tentu saja ajakan untuk bergabung dengan komunitas ini dapat menambah link dan anggota baru dengan konsen kesejarahan.

Baca:  Masyarakat Muslim di Sriwijaya dan Surat Raja Sriwijaya Untuk Khalifah Umar bin Abdul Azis

Setelah Arafah Pramasto, SPd dari GGS menyampaikan materi, dilanjutkan pemateri dari School is not Enough Community- Eko B.Prasetyo,ST dengan materinya. “Menulis itu Gampang ‘kok ! (Kata Siapa?)” menampilkan  bahasan bagaimana memulai penulisan dengan langkah Mapping Draft yang bisa dipahami peserta dari pengalaman menyusun buku Djedjak Palembang Tempo Doeloe yang mengambil sumbernya langsung dari Netherland / Belanda.

Pemateri terakhir, Otoman, M.Hum memberikan materi Tentang, “Aspek-aspek Penting Dalam Penulisan Karya ilmiah, merangsang peserta dengan materi yang sangat penting bagi peserta mahasiswa umumnya tentang Penulisan skripsi dan pematangan teori penulisan ilmiah”.

Baca:  Wisatawan Malaysia Banyak Kunjungi Museum SMB II

Menurut Otoman Prinsip umum menulis terkait dengan sikap penulis, pengetahuan penulis tentang masyarakat pembaca, dan pengetahuan tujuan menulis”

Sikap (Tone) > “Bagaimana anda mengungkapkan sesuatu?” (formal, informal, simpatik, humor), Masyarakat Pembaca (Audience) > “Siapa saja yang akan membaca tulisan anda?” (Masyarakat kampus, profesional, masyarakat umum), Tujuan (Purpose) > “Untuk apa anda menulis?” (melaporkan fakta, menyakinkan, mengubah pendapat orang, mempengaruhi sikap pembaca).

Sedangkan Kemas A.R. Panji, SPd , MSi juga memberikan tips dan pengalamannya  sendiri yang notabene adalah penulis sejarah terutama sejarah Palembang.

Dan dalam kesimpulan dari para pemateri, terungkap antara kesenangan untuk menulis dan merekam jejak kesejarahan memang memiliki  cara yang berbeda-beda.

Dan sebelum ditutup dengan tanya jawab peserta tentang penulisan karya ilmiah di era milenial.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kapolda Sumsel Ambil Sumpah Peserta Calon Seleksi Dibangum Polri TA 2020

Palembang, BP Kapolda  Sumatera Selatan (Sumsel)  Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., mengambil Sumpah dan melaksanakan Penadatangan Fakta Integritas Seleksi ...