Home / Headline / Otto Hasibuan : Hanya Peradi Yang Boleh  Mengambil Sumpah Advokat

Otto Hasibuan : Hanya Peradi Yang Boleh  Mengambil Sumpah Advokat

BP/DUDY OSKANDAR
Ketua Dewan Pembina Pembina Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M didampingi  Ketua Dewan Pimpinan Cabang Peradi Palembang, Hj Nurmala SH.MH saat menghadiri acara ramah tamah dengan Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati , Jumat ( 6/12).

Palembang, BP

Ketua Dewan Pembina Pembina Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M menilai  Mahkamah Agung sudah melanggar undang undang dengan mengeluarkan surat ke seluruh Pengadilan Tinggi boleh mengambil sumpah advokat atas permintaan organisasi organisasi yang mewadahi para Advokat dan ini melanggar undang undang advokat jelas mengatakan itu single bar, ” Hal ini dikatakan Otto saat menghadiri acara ramah tamah dengan Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati , Jumat ( 6/12).

Baca:  Perampok Handphone Ditangkap

Padahal beberapa hari lalu Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa Peradi satu satunya organisasi Advokat yang menjalankan undang undang untuk mengambil sumpah dan lain lainnya, dan dinyatakan organisasi yang lain selain Peradi tidak memiliki kewenangan untuk mengambil sumpah Advokat.

“Kedepan seluruh organisasi yang ada harus menyesuaikan dengan Peradi, ini keputusan MK, saya juga meminta kepada seluruh Pengadilan diseluruh Indonesia untuk tidak lagi mengambil sumpah Advokat, ” katanya.

Menurutnya, hanya Peradi yang boleh mengambil sumpah Advokat, seyogyanya Mahkamah Agung taat asas dengan keputusan MK tersebut.

“Kami minta seluruh DPC seluruh Indonesia untuk menyurati pengadilan masing masing dan melakukan audiensi untuk mensosialisasikan keputusan MK tersebut, ” kata Otto

Sejak dikeluarkannya surat edaran MA ini menurut Otto membuat dunia Advokat dalam titik nadir, karena dengan beberapa orang saja bisa membuat wadah atau organisasi dan diberi nama apa saja bisa mengajukan permohonan ke Pengadilan untuk melakukan pengambilan  sumpah advokat.

Baca:  Balar Palembang Ekspose Hasil Penelitian Di Sumsel, Jambi Dan Belitung

“Harapan kita seluruh Pengadilan tidak mengambil sumpah advokat lagi karena ini menghancurkan profesi ini karena merugikan para pencari keadilan di Indonesia, ” kata Otto.

Menurutnya, Peradi satu satunya organisasi yang mapan dalam menjalankan proses sumpah advokat.

“Karena kita memiliki standar yang jelas untuk menjadi advokat, ” kata Otto.

Sedangkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Peradi Palembang, Hj Nurmala SH.MH  menilai Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M adalah iconnya Peradi selain itu Otto dinilai figur yang dikagumi oleh anggota Peradi seluruh Indonesia.

Baca:  Farida R Wargadalem Kembali Pimpin MSI Sumsel

“ Baru-baru ini kita dengar putusan 35 yang menyebutkan dalam satu pertimbangan bahwa satu-satunya organisasi yang sah yang menjalankan undang-undang adalah peradi, makanya saya mengundang  khusus pak Otto untuk menjadi nara sumber dan Dr Fahri Bamit yang merupakan pakar tata negara untuk memberikan ruang diskusi, tergetnya banyak anak mahasiswa hukum dan advokat, “ katanya.

Seminar yang digelar, Sabtu (7/12) di aula DPRD Sumsel  yang ditargetkan 300 orang sekarang sudah mendaftar 412 orang.

“Diluar ekspektasi saya, tadinya ragu-ragu, cuma waktu dua minggu  mengadakan seminar itu , tapi alhamdulilah mudah-mudahan sukses,” katanya.

Selain itu DPC Peradi Palembang pihaknya akan melaksanakan instruksi Ketua Dewan Pembina dan berkirim surat kepada Ketua Pengadilan Tinggi Palembang dengan melampirkan putusan perkara nomor 35 dan mensosialisasikan keputusan tersebut.

“ Bahwa yang berwenang melaksanakan  undang-undang advokad adalah Peradi,” katanya.#osk

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Fraksi PKS Gulirkan Pansus Jiwasraya  

Jakarta, BP–Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F PKS) DPR RI menggulirkan pembentukan Pansus Jiwasraya dan Hak Interpelasi kenaikan iuran BPJS, khususnya ...