Home / Headline / Proyek Siluman ‘Depan Mata’ Bupati Tak Transparan

Proyek Siluman ‘Depan Mata’ Bupati Tak Transparan

Inderalaya, BP–Banyaknya proyek-proyek siluman yang gentayangan di Kabupaten Ogan Ilir terus disoroti masyarakat. Pasalnya, masyarakat menilai pembangunan di Bumi Caram Seguguk tidak tranparan dan diduga kuat hanya mendatangkan keuntungan besar bagi pihak pemborong.

“Memang sudah sangat sering diberitakan. Namun, sepertinya tetap saja membandel dan seakan dibiarkan saja oleh pihak terkait. Seakan pihak terkait kong kalikong,” kata tokoh masyarakat Ogan Ilir, Andal.

Dibeberkannya juga, pembiaran ini sudah sangat mengabaikan hak publik tentang informasi sebagaimana yang diamanahkan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008.

“Demikian juga dengan pelaksanaan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksananya dan nilai kontrak serta jangka waktu pengerjaannya,” jelasnya.

Pantauan di Komplek
Pemerintah Terpadu (KPT) Tanjung Senai, ada pekerjaan yang tidak ada plang proyek, dan personel konsultan pengawas juga tidak terlihat di lapangan.

Kondisi ini, kata Abdal, membuat sejumlah kalangan mulai mempertanyakan profesionalitas perusahaan pelaksana.

“Atau benar adanya dengan rumor yang berkembang bahwa proyek tersebut merupakan milik ‘pemain’ level atas yang dibekingi oknum petinggi di birokrasi,” katanya.

Sementara itu, pihak PU Perkim, dinas yang menaungi proyek tersebut, belum bisa dikonfirmasi. Ditemui di kantor tidak di tempat, ditelepon tidak aktif, dan chat WhatsApp tak kunjung dibalas.#ehen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

“Semua Adalah PPP Sumatera Selatan, Ayo Kembali Ke Rumah Besar Umat Islam”

Palembang, BP Setelah selama lebih kurang empat tahun lamanya berkantor di Jalan Radio, akhirnya Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan ...