Home / Headline / 12 Desember Serentak Dilaksanakan Lelang SDP di Kecamatan

12 Desember Serentak Dilaksanakan Lelang SDP di Kecamatan

Rapat Pemkab memastikan Kamis (12/12) mendatang dilaksanakan lelang obyek Sumber Daya Perikanan (SDP) tahun 2019 masa pengelolaan 2020 oleh Tim Pelaksana Desa/Kelurahan pemilik obyek di 15 Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ili

Inderalaya, BP–Dipastikan Kamis (12/12) mendatang dilaksanakan lelang obyek Sumber Daya Perikanan (SDP) tahun 2019 masa pengelolaan 2020 oleh Tim Pelaksana Desa/Kelurahan pemilik obyek di 15 Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ilir. Bagi peserta yang berminat dapat mendaftarkan diri ke Tim Desa/Kelurahan masing-masing.

Sekda OI H Herman, SH, MM mengatakan saat rapat bahwa penjelasan tentang teknis pelaksanaan lelang dan harapan-harapan dari Bupati OI H Ilyas Panji Alam, bahwa hasil lelang dapat meningkatkan sumber PADesa.

Asisten II H Muhsin Abdullah, sebagai ahli/pakar di bidang teknik, menegaskan bahwa perlu dan dirasa mendesak, menormalisasi alur sungai-sungai, terutama Sungai Ogan dan Kelekar sehingga aliran air lancar dan jernih.

Baca:  Usaha Tambang Pasir Diduga Dibekingi Preman

Sekretaris Komisi II DPRD OI Afrizal menyoroti pelaksanaan pencegahan penyetruman ikan, dgn melibatkan aparat, dan restocking bibit ikan lokal seperti gabus, betok, toman, sepat, putak, tebakang dan sebagainya.

Sementara Kasat PolPP Ahmad Fauzi melalui Kabid Pol PP Bidang Penegakan Perda H Ansori didampingi Kabid Tibum Polpp Mutim menjelaskan bahwa pihaknya siap membantu dalam hal keamanan dan ketertiban pelaksanaan lelang, “ya kita siapkan anak buah kita untuk pengamanan,” jelasnya.

Kadis Perikanan OI Fachruddin, SE didampingi Kabid Perikanan Tangkap DR Hasan Hery, Spt, Msi dan Kasi Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Siti Banjar Kaswari, Spi, kemarin mengatakan jadwal lelang dilaksanakan tahap 1 pada Kamis (12/12) serentak di 15 kecamatan, sementara tahap kedua objek lelang yang tidak laku dilaksanakan kembali lelang tahap kedua pada Kamis (19/12).

Baca:  Ratusan Guru Ikuti Seminar Metode Belajar, Gerak dan Permainan Jadi Metode Pembelajaran

Dikatakannya bahwa objek yang dilelang seluruh lebak, lopak, sungai, semua lebung baik lebung alam, buatan maupun lebung bekas galian pembangunan, kecuali lebung atau sungai buatan/konsen yg sudah dibayar oleh ahli warisnya/pemilik lahan kepada Kepala Desa/Lurah setempat bila air surut dan timbul pematang maka lebung tersebut menjadi hak pemilik konsen.
Selanjutnya menurut DR Hasan lelang dilaksanakan secara terbuka langsung dimuka umum dibawakan oleh juru lelang dengan penawaran 3 kali dari harga standar yang ditetapkan, pelaksana lelang petugas desa/kelurahan pemilik objek jadi dari pendaftaran hingga pelaksanaan lelang dilakukan tim pelaksana desa/kelurahan, harga standar obyek lelang berasal dari usulan desa yang langsung ditetapkan dalam keputusan Kadis Perikanan a.n Bupati Ogan Ilir, lelang dilaksanakan dua tahap dan ada tahap ketiga seperti tahun sebelumnya, yaitu jika objek tidak laku setelah dua kali lelang maka obyek tersebut diserahkan kepada Tim Pengawasan dan Pembinaan SDP dan jika ada masyarakat yang berminat membelinya dipersilahkan mengajukan permohonan langsung kepada Ketua Tim PPSDP/Sekretaris Daerah.

Baca:  Jalan Desa Tanabang Muara Kuang Terendam Banjir

Disebutkan DR Hasan pendaftaran lelang di Desa/Kelurahan masing-masing dan dilaksanakan serentak, sedangkan lelang kedua untuk obyek yang belum laku akan dilaksanakan pada Kamis (19/12).

“15 kecamatan melaksanakan lelang, dengan syarat calon pendaftar masyarakat berdomisili di OI, membawa Fotokopi KTP yang berlaku, mengisi surat permohonan peserta lelang di desa/kelurahan yang bersangkutan,.menandatangani surat pernyataan sanggup mentaati ketentuan hukum dengan materai 6 ribu, membayar biaya pendaftaran Rp100 ribu per obyek,” jelasnya. #hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

BMKG Sosialisasi Cuaca Dan Iklim Bagi Kalangan Media

Palembang, BP   Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan sosialisasi tentang cuaca dan iklim bagi kalangan media di Hotel ...