Home / Headline / SMPN 9 Palembang Ancam Tutup Kantin Jika Makanan Mengandung Formalin

SMPN 9 Palembang Ancam Tutup Kantin Jika Makanan Mengandung Formalin

Tim BPOM Palembang saat melakukan audit di Kantin SMP Negeri 9 Palembang.

Palembang, BP–Guna melindungi siswa-siswi agar mengkonsumsi makanan sehat dari kantin sekolah, pihak SMP Negeri 9 Palembang memberi ultimatum kepada semua tenan di kantin sekolah agar tak menggunakan formalin dalam memasak makanan.

Pun demikian dengan  penggunaan pengawet dan zat berbahaya lainnya demi sajian makanan di kantin. Jika ditemukan hal demikian, pihak sekolah secara tegas akan menutup kantin yang bersangkutan.

“Selain itu setiap dua minggu kita melakukan pembinaan kepada penjual di kantin agar menjaga kebersihan dan selalu mengingatkan agar menjual makanan sehat,” tegas Kepala SMP Negeri 9 Palembang Hj Hastia SPd MM usai menerima audit dari tim BPOM Palembang di sekolahnya, Rabu (20/11).

Ia menambahkan bahwa meski pihak BPOM Palembang akan memilih 10 sekolah yang memperoleh Piagam Bintang dari ratusan sekolah yang didatangi, namun bagi sekolah yang terpenting adalah pola kantin yang menjajakan makanan sehat.

“Kami pihak sekolah memang ingin Piagam Bintang, tapi tujuan utama adalah melayani anak-anak makanan sehat,” jelasnya.

Sementara itu dikatakan Kabid Informasi dan Komunikasi BPOM Palembang Gustuni bahwa kedatangannya ke kantin SMPN 9 Palembang merupakan audit kedua. Menurutnya, pihak BPOM tidak menemukan adanya makanan yang tak sehat dan sejenisnya.

“Tahun ini ada 989 sekolah yang kita audit selama dua kali dan ada perubahan. Kalau SMP cuman ada satu atau dua yang belum standar sehat tapi sudah kita bina. Tapi kalau SD ada sekitar dibawah 10, karena masih menggunakan koran untuk wadah gorengan dan lainnya karena itu tak sehat,”jelasnya.

Dari ratusan kantin sekolah yang diaudit, pihak BPOM akan memilih 10 kantin sekolah yang memiliki predikat tertinggi dan mendapat piagam bintang. “Itu piagam level nasional, akan kita umumkan diminggu kedua bulan depan,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sukses Gelar Dua Event Balap, Muba Jadi Sorotan Dunia Internasional

Sekayu, BP–Usai sudah dua gelaran event balap internasional di bumi Serasan Sekate. Setelah pada pekan lalu berhasil menyukseskan Asia Auto ...