Home / Headline / Spesialis Maling Ternak Ditembak di Bengkulu

Spesialis Maling Ternak Ditembak di Bengkulu

Pelaku pencurian hewan ternak kerbau diamankan petugas.

Muaraenim, BP–Pelarian Kurman (45), warga Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim ke salah satu tempat di Provinsi Bengkulu hanyalah sia sia. Tersangka spesialis pencirian hewan ternak kerbau ini berhasil dibekuk petugas Polsek Semende di persembunyiannya di Bengkulu, Sabtu (16/11) sekitar pukul 21.00 WIB.

Dalam penangkapan itu petugas terpaksa melumpuhkannya dengan menembak kakinya karena berupaya melarikan diri saat hendak diamankan.

    Pelaku merupakan satu dari 5 pelaku lainnya dalam aksi pencurian dua ekor  hewan ternak kerbau milik Zulkufli (36), warga Desa Aremantai, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) Muaraenim, yang terjadi pada 17 Juli 2019 lalu sekitar pukul 08.00 WIB.

      Dengan tertangkapnya pelaku, maka petugas Polsek Semende telah berhasil menangkap dua pelaku pencurian hewan ternak kerbau tersebut. Sebelumnya petugas berhasil menangkap Devi Andra (40), warga Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim yang berkas perkaranya  sudah memasuki P21 tahap ke 2. 

       Sedangkan tiga pelaku lainnya,  yang telah diketahui identitasnya, masih dalam pengejaran petugas Polsek Semende. Kini pelaku bersama barang buktinya berupa satu unit mobil Daihatsu Grand Max pickup yang digunakan untuk melakukan pencurian hewan ternak telah diamankan di Mapolsek Semende.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, aksi pencuria hewan kerbau milik korban dilakukan pelaku bersama temannya pada  15 Juli 2019 sekitar pukul 08.00 WIB. Hewan ternak itu berada di padang rumput ataran kebalan  Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu.

Baca:  Pembegal Bengis Dicokok Usai Tusuk Guru Honor

Saat itu korban hendak mengecek hewan kerbau miliknya di padangan tersebut. Ternyata 2 ekor hewan kerbau tersebut sudah hilang. Korban berupaya melakukan pencarian, namun tidak membuahkan hasil. Kejadian itu akhirnya dilaporkan korban ke Polsek Semende.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil membekuk pelaku pertama bernama Devi Andra (40), yang kini berkas perkaranya telah P21 tahap kedua.

Baca:  Pembahasan LKPJ Minta Hadirkan Sekda

Dari keterangan pelaku, petugas tersebut mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap pelaku lainnya. Akhirnya petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku Kurman (45), telah bersembunyi di salah satu tempat di Kabupaten Bengku Utara, Provinsi Bengkulu.

Lantas Kapolsek Semende, AKP Fery Firdiyanto bersama anggotanya meluncur ke tempat persembunyian pelaku. Ketika sampai di lokasi, petugas hendak menangkap pelaku, namun pelaku melakukan perlawanan dengan berupaya melarikan diri.

Baca:  Terkesan Jadi Beking Kapitalis, Jargon Merakyat Mulai Dipertanyakan

Akhirnya petugas mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak kakinya hingga berhasil diamankan. Pelaku mengaku telah tiga kali melakukan pencurian hewan ternak kerbau di wilayah Semende.

        Kapolres Muaraenim, AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Semende, AKP Fery Firdiyanto, ketika dikonfirmasi, Minggu (17/11) membenarkan penangkapan itu.

       “Pelaku merupakan satu dari 5 pelaku pencurian hewan kerbau milik korban. Sebelumnya satu pelaku sudah berhasil kita tangkap dan berkas perkaranya segera di limpahkan. Dengan tertangkapnya pelaku maka sudah 2 pelaku berhasil kita amankan. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP,” jelasnya.#nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sukses Gelar Dua Event Balap, Muba Jadi Sorotan Dunia Internasional

Sekayu, BP–Usai sudah dua gelaran event balap internasional di bumi Serasan Sekate. Setelah pada pekan lalu berhasil menyukseskan Asia Auto ...