Home / Headline / Bawaslu Sumsel Ajak Generasi Muda Tolak Hoax

Bawaslu Sumsel Ajak Generasi Muda Tolak Hoax

Talk Show, Generasi Muda Tolak Hoax (Gertax), dengan tema Generasi Muda Tolak Hoaks, di gelar di atrium Palembang Icon (PI), Minggu (17/11).

Palembang, BP–Talk Show Generasi Muda Tolak Hoax (Gertax), dengan tema Generasi Muda Tolak Hoaks, digelar di atrium Palembang Icon (PI), Minggu (17/11).
Ketua Bawaslu Sumatera Selatan Iin Irwanto dengan tegas mengajak peserta dan masyarakat Sumsel untuk menolak hoax.
“Kami berkepentingan untuk hadir menjelaskan tentang bahaya hoax dan mengajak masyarakat untuk menolaknya karena hoax masih ramai dalam proses penyelenggaraan pemilu atau Pilkada. Terutama di media sosial yang saat ini 85% pengguna internet mengaksesnya melalui Handphone dan 91 % tentang politik,” katanya.
Menurutnya, bagaimana pemilu atau pilkada akan berkualitas jika pemilih tidak kritis menyikapi hoax yang beredar.
“Pemilih harus mengenali mana berita hoax atau mana yang bukan, misal pemilih harus meneliti terlebih dahulu siapa yang menyebarkan, informasi yang disebarkan harus dianalisis atau dipastikan kebenarannya, dan tidak langsung menyebarkan sebelum diyakini kebenarannya,” katanya.
Menurutnya, regulasi mengenai larangan penyebaran Hoax dalam pemilu atau Pilkada tertuang dalam UU 7 tahun 2017 tentang pemilu dan UU 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Dimana penyebar akan diberikan sanksi pidana juga administratif.
“Apabila Bawaslu menemukan atau mendapat laporan adanya dugaan pelanggaran pidana terkait hoax maka akan dibahas bersama kepolisian dan kejaksaan di sentra gakkumdu atau penegakan hukum terpadu,” katanya.

Pada pemilu 2019 menurutnya telah terjadi beberapa kasus terkait hoax seperti informasi adanya 7 kontainer surat suara yang telaga tercoblos, hilangnya kotak suara dan masih banyak lagi.
“Banyaknya kasus hoax yang tidak bisa diproses oleh bawaslu dikarenakan tidak memenuhi unsur kampanye seperti siapa penyebarnya kalau bukan pelaksana atau tim kampanye maka perkara tsb masuk pidana umum. Di media sosial Hanya akun yang terdaftar di KPU saja yang diawasi Bawaslu, selama pemilu 2019 tdk ada yang melanggar,” katanya.
Menutup pembicaraan, Iin mengajak generasi muda untuk menghindari dan menolak hoax, karena masyarakat membutuhkan informasi yang sehat di era ini.
Dan menjelang Pilkada 2020, Iin mengajak agar masyarakat ikut menyukseskan penyelenggaraan Pilkada dengan menolak hoax terutama saat kampanye. Pilkada berkualitas dan bermartabat akan terwujud tanpa hoax.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sukses Gelar Dua Event Balap, Muba Jadi Sorotan Dunia Internasional

Sekayu, BP–Usai sudah dua gelaran event balap internasional di bumi Serasan Sekate. Setelah pada pekan lalu berhasil menyukseskan Asia Auto ...