Home / Pemerintahan / Bank Sumsel Babel PKS 3 Pihak, Dorong KUR Sektor Peremajaan Kelapa Sawit

Bank Sumsel Babel PKS 3 Pihak, Dorong KUR Sektor Peremajaan Kelapa Sawit

Palembang, BP

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Sumsel Babel tandatangani perjanjian kerja sama dengan 3 pihak dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat untuk peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di kawasan Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Lubuklinggau dan Musi Rawas.

Usai penandatanganan PKS di ruang Learning Center Kantor Pusat Bank Sumsel Babel, Direktur Pemasaran BSB, Antonius Prabowo Argo mengatakan, PKS merupakan lanjutan dari sebelumnya yang telah dilakukan beberapa daerah di Sumsel.

Pada kerja sama ini jumlah petani yaitu 988 orang, dengan luas lahan 2.521 hectar dan dana yang disiapkan Rp 63 miliar. Sebelumnya BSB sudah mengelontorkan Daan Rp226 miliar untuk program serupa dan sudah jalan sejak beberapa waktu lalu dan ini lanjutannya.

Dikatakan ada bantuan pemerintah untuk replanting sebesar Rp25 juta. Untuk melakukan replanting ini butuh dana sekitar Rp 60 juta. Dari dana tersebut petani bisa menggunakan dana Rp 25 juta dan sisanya bisa menggunakan fasilitas pembiayaan dari BSB. Mereka (petani, red) bisa menggunakan dana pribadi atau pinjaman.

Tenornya 5 tahun dengan  sisa dana untuk replating  menyesuaikan kebutuhan. Pada prinsipnya BSB siap membiayai. Selain untuk pembayaran pun ada rileksasi. “Artinya petani bisa  membayar setelah replanting menghasilkan sebab untuk peremajaan butuh waktu, sehingga tidak membebani petani.

Nantinya, sambung dia, koperasi yang memfasilitasi. Petani menyiapkan sertifkat lahan sebab syarat mendapatkan pembiayaan ini sertifkat tanah hak milik.  #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

NasDem Ajukan RUU PKS Sebagai Prolegnas Prioritas

Jakarta, BP–Anggota Badan Legislasi (Baleg) Partai NasDem Taufik Basari mengatakan, partainya mengusulkan 12 Rancangan Undang-Undang (RUU) ke dalam Program Legislasi ...