Home / Headline / Sumsel Kekurangan Guru Produktif, Riza Fahlevi: Nanti Kita Lapor Gubernur

Sumsel Kekurangan Guru Produktif, Riza Fahlevi: Nanti Kita Lapor Gubernur

Plt Kadisdik Sumsel Drs Riza Pahlevi MM saat memberi arahan perdana semua Kepala SMA/SMK Negeri se Sumsel di Aula SMAN 1 Palembang.

Palembang, BP–Kekurangan guru produktif di Sumsel terbilang sangat urgen. Pasalnya, guru produktif atau guru spesialis vokasi yang purnabakti akan berdampak signifikan bagi proses keberlangsungan belajar mengajar di sekolah.

Jika hal ini terus berlarut-larut maka akan mengurangi kualitas lulusan SMK di Sumsel. Padahal, guru produktif menjadi sangat penting karena skillnya dibutuhkan untuk mereka masuk ke dunia usaha dan dunia industri (dudi).

Baca:  Guru Ngaji TPA di Palembang Bakal Di Beri Gaji

Demikian dikatakan Kepala SMK Negeri 7 Palembang H Suparman, SPd, MM, Rabu (6/11). Menurutnya, sebagai sekolah pilot projek seni bahwa sangat kekurangan guru vokasi.

“Guru kita banyak pensiun, terutama guru produktif sangat kita perlukan. Karena tidak bisa diganti guru umum. Awal tahun depan juga ada yang pensiun lagi,” terang Suparman.

Menurutnya, saat ini ada 103 tenaga guru yang mengajar di sekolah dan 60 guru diantaranya adalah guru honor sedangkan 43 guru PNS yang saat ini berangsur purnabakti.

Baca:  Mendidik Harus Dengan Hati

Dilema guru honor adalah mereka kurang fokus karena biasanya mereka mengajar di tiga sekolah. Sebetulnya idealnya harus mengajar di satu sekolah agar fokus terhadap perkembangan siswa.

“Tapi kami juga mengerti, karena kalau mereka mengajar satu sekolah saja tak bisa menutupi kebutuan karena sekolah hanya bisa menggaji dibawah satu juta. Bahkan ada Rp500.000 hingga Rp760.000. Dan kami pikir harus ada solusi agar mereka fokus dan kalau menurut saya bisa diterapkam guru honda yang salery-nya bisa UMR,” jelasnya.

Baca:  Gembleng Demokrasi Guru, Disdik Gandeng PIER dan KAS

Sementara itu, Plt Kadisdik Sumsel Drs Riza Fahlevi, MM mengatakan bahwa pihaknya mengaku akan mencarikan solusi bagaimana mengatasi kekuarangan guru ini terutama guru produktif.

“Guru produktif, ya ini PTK ya. Nanti kita cek rasionya bagaimana. Nanti kita akan lalor ke Gubernur,” terangnya singkat. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Raih Penghargaan, ACT Dukung Program Kesehatan Pemerintah Sumsel

Palembang, BP–Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November lalu menjadi salah satu hari yang diperingati setiap tahun, untuk ...