Home / Headline / 150 Orang Ikuti 1st ISAH Fahum UIN Raden Fatah Palembang

150 Orang Ikuti 1st ISAH Fahum UIN Raden Fatah Palembang

BP/DUDY OSKANDAR Suasana kegiatan Seminar 1st ISAH yang diawali dengan acara wellcome dinner Minggu (20/10) di rumah dinas Walikota Palembang.

Palembang, BP–The 1st Internasional Senimar On Adab dan Humanites (ISAH) yang digelar oleh Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah Palembang digelar Senin (21/10) di Hotel Swarnadwipa, Palembang.

Kegiatan Seminar 1st ISAH ini diawali dengan acara wellcome dinner Minggu (20/10) di rumah dinas Walikota Palembang dimana acara dibuka oleh Walikota Palembang yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto, turun hadir Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Dr Ismail Sukardi, dan Dekan Fahum UIN Raden Fatah, Dr Noer Huda.

Juga hadir para pemateri diantaranya Prof. Drs. Muhammad Sirozi, MA.,PH.D, Dr: Mohammed Alhusainy Faraj Sayyid Ahmad, Prof. DR. Paul Nieuwenhusyen, Dra. Labibah Zain MLIS, Dr Menahem Ali MA, Drs Masyhur Phd, Dr Herlina Mhum

Baca:  Kegagalan Pembangunan Karena Tidak Pernah Belajar dari Sejarah

Dekan Fahum UIN Raden Fatah, Dr. Nor Huda, M.Ag., M.A mengatakan, bahwa seminar ini akan menggali kejayaan Islam, yang merupakan tanggung jawab bersama, dan kepedulian Fahum untuk mengangkat kejayaan Islam
“Selalu mengembangkan nilai-nilai humanitas yang sudah tereduksi, bahwa seminar ini akan memberikan semangat bagi kalangan akademis untuk mengkaji soal humanitas,” katanya saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Seminar ISAH.
Pihaknya berterima kasih atas peran serta pemkot Palembang yang membantu dalam pelaksanaan seminar ini, Rektor UIN Raden Fatah Palembang dan rekan panitia seminar yang bisa melaksanakan seminar ini.
“Peserta ini terdiri dari 150 orang ada dari Unila, Muhammadiyah Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-qur`an Al-ittifaqiah Ogan Ilir, beberapa mahasiswa program doktor S3 UIN Raden Fatah Palembang, para dosen di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang, Balai Arkeologi Sumsel,” katanya.

Baca:  Program Magister SPI FAHUM Gelar Kuliah Tamu bersama Konsuler Kebudayaan Iran

Rektor UIN Raden Fatah diwakili Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Dr Ismail Sukardi mengapresiasi kepada Fahum UIN Raden Fatah Palembang yang berhasil menyelenggarakan seminar ini.
Dia juga menanggapi belum adanya negara Islam yang memiliki supremasi dalam bidang saint dan tehnologi dan kini negara Islam masih menjadi konsumen bidang saint dan tehnologi yang kini banyak dikuasai negara bukan Islam.
“ Ini tantangan bagi kita bagaimana mengembalikan supremasi Islam ini lewat penguasaan saint dan tehnologi,” katanya.
Walikota Palembang yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, Pemkot Palembang mengapresiasi dan mendukung seminar internasional ini.
“ Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dengan penguatan ahlak khususnya para mahasiswa diwilayah kota Palembang, selain itu kegiatan ini untuk membangun kembali peradaban Islam di tengah perubahan politik dan ekonomi dunia yang selama beberapa dekade terjadi secara dinamis,” katanya.
Sementara itu, Ketua Panitia Dr Yaswardi, M. Ag menjelaskan bahwa Seminar 1st ISAH ini merupakan desiminasi ilmu-ilmu adab dan humanitis, dalam kancah internasional dan Kejayaan Islam masa lalau untuk menatap peradaba islam paas dunia global terutama dalam pengembanga tehmologi informasi
“Kegiatan ini di ikuti 150 peserta dari UIN se Indonesia, metode seminar dengan cara panel dan pararel, untuk seminar Panel akan menampilkan Prof. Dr. Paul Nieuwenhusyen, Dr. Muh. Al-Husainy Faraj, MA, Dr. Menahem Ali, MA, Dra. Labibah Zain, MLIS, . Masyhur, M.Ag., Ph.D dan Dr. Herlina, M.Hum,” ungkapnya
Sedangkan untuk Seminar Paralel di ikuti tidak kurang 30 Dosen yang telah mendaftar untuk mempresentasikan dengan tema Arabic Language and Literature, History and Islamic Civilization, Islamic Politics and Goverment dab Library and Digital Information. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tim Futsal Putra Putri Muba Melenggang ke Semifinal

Sekayu, BP–Tim futsal putra dan putri Muba berhasil merebut tiket semifinal di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke-XII di ...