Home / Headline / Walikota Apresiasi Sebesar-besarnya Pameran Fotografi Sejarah Museum SMB II dan Museum AK Gani

Walikota Apresiasi Sebesar-besarnya Pameran Fotografi Sejarah Museum SMB II dan Museum AK Gani

Kepala Dinas Kebudayaan Hj Zanariah mengatakan cagar budaya perlu mengandalkan dokumentasi agar perjalanan sejarah tetap diketahui oleh generasi saat ini dan kedepan.

Palembang, BP–Dalam rangkaian memperingati hari museum nasional tahun 2019, Dinas Kebudayaan Kota Palembang menggelar pameran fotografi sejarah museum SMB II dan museum A.K. Gani. Ada puluhan koleksi dokumentasi bersejarah bangunan museum yang ada di kota Palembang.

Melalui perwakilannya, Walikota Palembang mengapresiasi sebesar-besarnya Pameran Fotografi Sejarah Museum SMB II dan Museum A.K Gani. karena dengan dokumentasi kita dapat memahami arti dari nilai-nilai keberadaan objek cagar budaya.

Baca:  Kerajaan Palembang Darussalam Hadir di Istana Negara

Selain itu juga dapat mempromosikan suatu objek cagar budaya dokumentasi dapat menjadi basis data dalam rangka pemeliharaan ataupun konservasi jangka panjang serta dapat juga dipertimbangkan sebagai data pembuatan polis asuransi dalam penanggulangan kerusakan dan kerugian. Artinya dokumentasi penting sebagai rekaman data untuk anak cucu dan generasi masa depan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Hj Zanariah mengatakan cagar budaya perlu mengandalkan dokumentasi agar perjalanan sejarah tetap diketahui oleh generasi saat ini dan kedepan.

“Agar generasi yang akan datang juga mempelajari bentuk sejarah yang jadi kebanggaan kota Palembang tercinta ini,” jelasnya, Jumat (18/10/19).

Baca:  Pendataan Cagar Budaya di Palembang Dimulai

Ada sekitar 15 foto bangunan museum dari massa ke massa yang ada di Palembang bahkan yang tertua adalah foto bangunan di tahun 1890 hingga 1900-an. Pameran ini sendiri berlangsung dari 18 hingga 20 Oktober 2018. Pihaknya juga berupaya untuk terus mencari arsip-arsip yang belum dimiliki oleh Disbud Kota Palembang.

“Masih banyak arsip-arsip yang tersebar di masyarakat, salah satu upaya kita mencari foto yang belum di tangan dengan meminta Pemkot Palembang membuatkan Perdanya agar bukti sejarah yang dimiliki masyarakat bisa dikelola Disbud. terang nya.

Baca:  Kenalkan Manusia Purba Sangiran Di Palembang

Selain foto bangunan museum SMB II ada juga foto-foto sejarah Pahwalan Nasional asal Sumsel yakni Adnan Kapau Gani (A.K Gani), mulai dari biografi hingga kegiatan beliau yang dikenal juga sebagai salah satu pencetus Sumpah Pemuda angkatan 1928.
G.I. Priyanti A.K. Gani Kepala Museum A.K Gani yang juga salah satu anak dari A.K Gani mengatakan, museum A.K Gani juga ikut berpartisipasi dalam pameran ini untuk mengenalkan A.K Gani sebagai Pahlawan Nasional.

“Tema yang kami tampilkan mengenalkan beliau sebagai pahlawan nasioanal. Ada 52 koleksi dari 1500 koleksi museum A.K Gani yang kami pajang disini, ada biodata 4 buah, sertifikat, dan lain-lain,” pungkasnya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Andi Wijaya Siapkan Reward Atlet Renang Peraih Medali Porprov

HPalembang, BP–Kontingen Palembang dalam membidik tahta juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Prabumulih diperkuat oleh para tim manager yang ...