Home / Budaya / Seniman dan Aktivis Kritik Pemprov Sumsel Terkait Makin Parahnya Asap

Seniman dan Aktivis Kritik Pemprov Sumsel Terkait Makin Parahnya Asap

BP/IST Sejumlah seniman Sumatera Selatan berkolaborasi dengan Aktivis Sumsel Bersatu berunjuk rasa mengkritik Pemprov Sumsel terkait makin parahnya kabut asap yang terjadi saat ini, Selasa (15/10).

Palembang, BP–Sejumlah seniman Sumatera Selatan (Sumsel) mengkritik pihak pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel terkait makin parahnya kabut asap yang terjadi saat ini, Selasa (15/10).
Unjuk rasa sejumlah seniman tersebut juga berkolaborasi dengan Aktivis Sumsel Bersatu (ASB) juga menggelar orasi dan menyampaikan kritik lewat sejumlah lagu. “Hal ini semata mata agar pihak terkait menindak tegas pembakar lahan baik personal ataupun koorporasi,” kata salah satu koordinator aksi M Fitriansyah atau akrab di sapa Mpit.
Dalam kesempatan itu juga, perwakilan ASB Charma kembali menegaskan jika terjadi kabut asap ini karena berbagai faktor, baik dari koorporasi atau memang lahan yang sengaja dibakar. “Kami menggugat, atasi persoalan asap ini, kami masyarakat sudah merasa sesak untuk bernafas apalagi anak anak kecil, kerja terhambat, sekolah pun diliburkan,” katanya.
Hal serupa juga dikatakan Rubi Indarta, dimana menurutnya, telah menjadi tugas serta kewajiban pihak pemerintah mengatasi kabut asap ini, seperti pihak BPBD, jangan setiap tahun warga harus merasakan kabut asap ini. “Seniman dan aktivis menggugat, jangan hanya diam, berikan tindakan dan solusi agara asap tak muncul lagi,” katanya.
Pantauan dilapangan, sejumlah lagu kritikan dinyanyikan para seniman seperti lagu Bongkar milik Iwal Fals hingga lagu Lestari mikik Boomerang. Tak hanya bernyanyi, para aktivis juga membacakan puisi karya Wiji Tukul yang dibawakan oleh Suzie.
Perwakilan Kepala BPBD Sumsel, Kepala Dinas Kehutanan Sumsel dan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel menemui para pendemo dan menjelaskan mereka sudah melakukan apa yang semestinya di lakukan. Dan akan terus berusaha bekerja untuk memadam kan termasuk sudah membentuk satgas dan telah mengerahkan relawan.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kemelut Catur dan Takraw Porprpov Berakhir di Dewan Hakim dan PB Porprov

Prabumulih, BP–Kemelut pembengkakan medali yang diduga dilakukan oleh Kordinator Pelaksana (Kopel) cabang olahraga (cabor) catur pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ...