Home / Headline / 28 Penerbangan Ditunda Akibat Kabut Asap

28 Penerbangan Ditunda Akibat Kabut Asap

PENERBANGAN DITUNDA-Tampak pesawat di bandara SMB II Palembang tidak bisa terbang akibat kabut asap yang semakin pekat, Senin (14/10/2019).

Palembang, BP

Sebanyak 28 maskapai penerbangan di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, ditunda keberangkatan dan kedatangannya akibat tebalnya kabut asap di Kota Palembang.

“Ada 2 penerbangan yang return to base atau kembali ke pangkalan semula, 1 penerbangan dialihkan, 14 penerbangan keberangkatan yang ditunda karena cuaca buruk. Selain itu juga ada 11 penerbangan kedatangan yang delay,” kata General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang Fahroji, Senin (14/10/2019).

Baca:  Asap Makin Pekat, Sekolah di Sumsel Mundurkan Jam Belajar Mengajar

Menurutnya, kabut asap yang pekat membuat jarak pandang sangat rendah. Kondisi normal baru terjadi pukul 09.41 WIB dengan jarak pandang normal 800 meter. Akibatnya 28 maskapai tertunda kedatangan dan keberangkatannya.

“Pada pukul 05.30-07.00 WIB jarak pandang 500 meter, pada pukul 06.47-08.00 jarak pandang hanya 50 meter, pukul 08.07-09.00 WIB jarak padang 100 meter, 08.58—10.00 WIB jarak pandang masih 150 meter. Jarak pandang normal yang bisa dipakai pihak maskapai untuk berangkat ataupun datang adalah 800 meter,” ungkapnya.

Baca:  Hindari Terkena ISPA, Siswa Diliburkan

Fahroji menjelaskan, penerbangan yang return to base yakni penerbangan dari Cengkareng-Palembang dan Kuala Lumpur-Palembang. Untuk penerbangan yang dialihkan, yakni dari Pekanbaru-Palembang.

Sementara Kepala Kantor AirNav Cabang Palembang Ari Subandrio menjelaskan bahwa jarak pandang pagi ini hanya 50 meter dan itu cukup berpengaruh pada maskapai yang hendak mendarat ke Bandara SMB II Palembang.

Baca:  Kabut Asap Semakin Tebal, Ahmad Zulinto Rumahkan Seluruh Siswa PAUD Hingga SMP

“Penerbangan yang terdampak Sriwijaya dari Jakarta, Wingsair dari Pekanbaru dan Airasia dari Kuala Lumpur dan sebagainya. Dengan kondisi saat ini, kami telah mengeluarkan Notice To Airmen (Notam) untuk maskapai sampai kondisi kabut asap dan jarak pandang membaik,” kata dia. #fer

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tim Futsal Putra Putri Muba Melenggang ke Semifinal

Sekayu, BP–Tim futsal putra dan putri Muba berhasil merebut tiket semifinal di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke-XII di ...